10 Tips Mengobati Gangguan Pencernaan secara Alami

doktersehat-sakit-perut

DokterSehat.Com – Usus dan lambung adalah bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi mencerna makanan dan minuman. Kedua organ ini rentan mengalami gangguan pencernaan, salah satunya karena pola makan yang buruk.

Gangguan pencernaan terjadi karena lambatnya pergerakan makanan dalam saluran cerna, lebih lambat daripada pada kondisi normal. Gangguan pencernaan itu sendiri ada beberapa jenis di antaranya gastroparesis, dyspepsia, gastritis, maldigesti, parotitis, xerostomia dan jenis lainnya. Jika gangguan pencernaan ini tidak segera diatasi maka dapat berkembang menjadi semakin parah. Yang terparah adalah hingga menyebabkan radang usus atau infeksi pencernaan.

Penyebab gangguan pencernaan yang paling utama ini adalah pola makan yang mungkin tidak sehat, stres, kebiasaan makan yang buruk, pengobatan yang menyebabkan iritasi, infeksi saluran pencernaan kronis, dan hadirnya bateria dalam sistem pencernaan, sebagaimana pada kasus tukak pepsin yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Cara Mengobati Gangguan Pencernaan

Berikut ini beberapa obat pencernaan yang bisa Anda lakukan secara alami di rumah:

1. Jauhi makanan yang menyebabkan gas

Untuk sementara waktu lebih baik hindari makanan-makanan yang menyebabkan Anda buang gas atau kentut. Makanan tersebut antara lain seperti umbi-umbian (singkong, ketela rambat), kol, brokoli, kembang kol, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi kaldu

Kaldu buatan rumah tentu akan jauh lebih murah dan rasanya lebih lezat. Selain itu, kaldu buatan sendiri kaya kandungan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan pencernaan untuk memulihkan pencernaan Anda. Seperti asam Proline dan glycine, yang akan mempercepat penyembuhan pencernaan.

3. Makan menu berserat

Perbanyak mengonsumsi makanan berserat, namun hindari menu yang terlalu kaya karbohidrat. Serat di dalam karbohidrat akan jauh lebih sulit diserap dan dicerna oleh tubuh. Serat tersebut bisa Anda temukan pada oatmeal, makanan jenis dari gandum, seperti sereal, buah berry, plum, aprikot kering, dan lain sebagainya.

Baca juga: Aturan Makan Buah saat Alami Gangguan Pencernaan

4. Minum air putih

Berapa banyak gelas air putih yang Anda konsumsi sehari? Apabila kurang dari 8 gelas sehari, maka Anda memang wajib meningkatkannya. Biasakan minum air setidaknya 8 gelas sehari dan menambahkan asupan air dari buah-buahan segar sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan.

5. Berolahraga

Sebenarnya penyakit di dalam tubuh bisa Anda kontrol dengan olahraga secara rutin. Setidaknya 30-45 menit dalam sehari, maka tubuh akan dalam kondisi selalu fit dan bugar, sehingga bakteri penyakit tidak gampang menyerang, selain itu, mereka yang melakukan olahraga rutin, metabolisme tubuhnya juga lebih baik. Demikian juga dengan buang air besar, yang bisa terus secara rutin setiap hari.

6. Makan secara perlahan

Hindari makan terlalu cepat sekalipun Anda merasa lapar. Makan terlalu cepat akan membuat makanan tidak tercerna dengan baik. Sehingga makanan yang Anda konsumsi justru menjadi gas di dalam perut. Hal ini menyebabkan perut merasa tidak nyaman, dan bahkan kram atau mual.

7. Batasi makanan manis

Kondisi pencernaan yang gampang sakit disebabkan karena Anda terlalu sering dan terlalu banyak makan makanan manis. Gula susah diproses di dalam tubuh, sehingga ia menyebabkan banyak penyumbatan di mana-mana, hal ini akan berbahaya apabila dibiasakan terus menerus.

8. Kurangi stres

Kontrol stres di dalam tubuh Anda, hindari membawa pulang pekerjaan ke rumah sehingga Anda punya cukup banyak waktu untuk beristirahat dan mengatasi stres Anda. Pastikan juga tidur Anda cukup, dan nikmati tidur yang berkualitas.

9. Hindari kebiasaan buruk

Anda tahu bahwa kebiasaan buruk seperti merokok, minum terlalu banyak alkohol, dan makan larut malam tidak bagus untuk kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Ingin Bebas Dari Gangguan Pencernaan? Makanlah Buah Plum

10 Menyeimbangkan asam lambung

Asam lambung diperlukan untuk pencernaan yang tepat. Tanpa asam yang cukup, Anda mungkin mengalami gejala mual, refluks asam, mulas atau gangguan pencernaan. Kadar asam lambung yang rendah dapat disebabkan oleh penggunaan obat pereda yang berlebihan.

Cuka sari apel adalah salah satu cara sederhana untuk meningkatkan asam lambung. Namun, minum cuka langsung mungkin terlalu keras pada saluran pencernaan Anda, jadi sebaiknya encerkan 1-2 sendok teh (5–10 ml) dalam segelas kecil air dan minum segera sebelum makan. Atau, satu studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet yang mengandung cuka sari apel mengurangi gejala mulas setelah makan.