7 Cara Alami Mengatasi Perut Mulas dan Nyeri

perut-tidak-nyaman-doktersehat

DokterSehat.Com -Perut sering sekali disebut sebagai kepala kedua dari manusia. Kalau bagian ini mengalami gangguan, tubuh yang lain akan mendapatkan masalah yang cukup besar. Misal saat perut terasa tidak nyaman seperti nyeri atau mulas berlebihan, aktivitas yang kita lakukan akan mengalami gangguan dan tidak bisa berjalan dengan lancar.

Perut yang mengalami gangguan biasanya sering kita beri obat agar nyaman. Namun, kalau Anda tidak ingin selalu bergantung dengan obat, ada baiknya menuakan pengobatan alami yang tidak menggunakan obat kimia. Nah, pengobatan alami yang bisa Anda lakukan terdiri dari beberapa hal di bawah ini.

Cara alami mengatasi perut yang bermasalah

Perut bisa mengalami masalah karena banyak hal mulai dari salah mengonsumsi makanan dan ada masalah dengan organ dalam yang ada di perut atau sekitar rahim. Kalau Anda mengalami masalah pada perut, beberapa obat alami di bawah ini bisa digunakan.

  1. Minuman bersoda

Perut sering tidak nyaman karena banyak hal, yang paling sering terjadi adalah masuk angin. Karena tidak bisa menahan udara dingin yang berlebihan, akhirnya tubuh dipenuhi angin dan perut kembung. Perut kembung bisa membuat kita sangat tidak nyaman. Bahkan, saking tidak nyamannya, celana atau pakaian yang dipakai menjadi sangat sesak.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat perut menjadi lebih nyaman. Anda bisa menggunakan minuman bersoda yang tidak dingin. Minum dan habiskan sebanyak satu gelas. Minuman bersoda biasanya memicu kita bersendawa lebih sering. Dengan bersendawa, jumlah udara di dalam perut yang berlebihan bisa segera diatasi dengan baik.

  1. Jahe

Jahe juga bisa diandalkan untuk mengatasi perut yang bermasalah. Dengan mengonsumsi jahe, kita bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti terhindar dari mual yang berlebihan hingga nyeri di perut hilang perlahan-lahan. Anda bisa menggunakan jahe untuk membuat minuman atau menggunakan ekstraknya.

Jahe bisa mengatasi nyeri dan mual karena memiliki komponen anti inflamasi sehingga luka atau masalah di perut tidak akan parah. Selanjutnya, jahe juga memiliki komponen antioksidan yang sangat tinggi. Kalau Anda rutin mengonsumsi jahe, tubuh akan lebih terhindar dari masalah kesehatan seperti pilek atau batuk.

  1. Teh kamomil

Teh kamomil juga mengandung komponen anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi masalah nyeri di perut yang berlebihan. Nyeri yang berlebihan bisa dinetralkan dengan hanya minum beberapa gelas teh kamomil dengan atau tanpa gula.

Setelah minum teh jenis ini otot di sekitar perut bisa menjadi lebih relaks. Dampaknya, nyeri, kram, dan gangguan di sekitar perut bisa diminimalkan. Kalau di rumah tidak ada teh jenis ini, Anda bisa memakai teh biasa asal kental dan pekat sehingga efeknya bisa segera dirasakan.

  1. Cuka apel

Kalau rasa nyeri yang terjadi di perut muncul karena Anda salah mengonsumsi makanan, ada baiknya menggunakan cuka apel. Cairan dengan rasa asam ini memang sedikit kuat. Oleh karena itu kalau ingin mengonsumsinya, campur dengan air hangat. Anda juga bisa menambahkan gula atau madu sesuai dengan selera.

Cuka apel akan membuat keasaman dari perut kembali normal. Pencernaan bisa berjalan dengan lancar dan masalah yang berhubungan dengan nyeri bisa sedikit diminimalkan. Kalau Anda memiliki mag atau gangguan lain yang tidak kuat dengan asam yang konsentrasinya cukup tinggi, disarankan untuk menggunakan cara lain.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah minuman dengan kandungan probiotik yang sangat kaya. Minuman ini mengandung cukup banyak bakteri baik di dalamnya. Bakteri baik ini akan menjaga sistem pencernaan sehingga masalah nyeri di area perut bisa dicegah atau diminimalkan.

Anda bisa mengonsumsi yoghurt secara langsung kalau bisa tahan dengan rasa asamnya. Namun, kalau Anda merasa tidak tahan dengan rasanya, bisa ditambah dengan buah yang memiliki cita rasa manis seperti aneka buah beri, anggur, buah naga.

  1. Kompres air hangat

Mengatasi rasa nyeri dan tidak nyaman di perut tidak hanya dilakukan dengan cara meredakan gangguannya dari dalam saja. Namun, jua mengatasi masalahnya dari luar. Anda bisa menggunakan kompres untuk membuat perut menjadi lebih nyaman. Gunakan botol yang diisi dengan air hangat lalu tempelkan ke area perut yang mengalami gangguan. Kalau Anda merasa tidak nyaman dengan air yang terlalu panas, bisa memakai yang agak hangat asal bisa mengurangi rasa sakit yang terjadi di perut.

Selain menggunakan botol yang berisi air panas. Anda juga bisa menggunakan salep atau minyak angin yang memberikan rasa hangat. Buat perut menjadi lebih nyaman sehingga Anda tidak merasa sering terganggu.

  1. Makanan yang hangat dan rasanya tidak ekstrem

Makanan yang hangat akan memberikan rasa nyaman pada perut. Misal Anda mengonsumsi bubur hangat yang rasanya tawar atau sedikit diberi tambahan garam. Bubur akan membuat perut nyaman meski untuk sementara waktu. Yang harus kita lakukan adalah mengurangi rasa nyeri dan perasaan tidak nyaman lainnya baru memberikan tindakan lanjutan.

Meski makanan ini sangat direkomendasikan untuk membuat perut menjadi lebih nyaman. Ada baiknya kalau Anda tidak mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak seperti soto atau sejenisnya. Pilih yang rasanya lebih tawar dan tidak terlalu menggunakan banyak bahan.

Inilah beberapa masalah pada perut yang sering terjadi pada kita semua dan membuat aktivitas sering terganggu. Dari beberapa obat alami yang dijelaskan di atas, mana saja yang sering Anda gunakan? Semoga setelah menyimak ulasan di bawah ini, Anda bisa lebih memahami cara mengatasi sakit perut yang sangat mengganggu dengan cara yang alami.