18 Cara Menghilangkan Mata Ikan yang Cepat dan Alami

cara-menghilangkan-mata-ikan-doktersehat

DokterSehat.com – Foot corn atau mata ikan adalah lapisan kulit yang mengeras dan tebal karena respons kulit terhadap gesekan dan tekanan yang disebabkan sepatu atau alas kaki lainnya. Mata ikan ini bila disentuh menimbulkan sedikit rasa sakit. Biasanya mata ikan ini berkembang di telapak kaki dan jarang sekali terjadi di jari. Jika kondisi ini menganggu kaki saat berjalan, cara menghilangkan mata ikan dengan bawang putih. Tidak hanya bawang putih, ada banyak cara yang menggunakan bahan alami lainnya.

Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki

Berikut ini beberapa cara menghilangkan mata ikan di kaki dengan cepat, yang menggunakan bahan alami:

1. Cuka sari apel

Menggunakan cuka sari apel untuk melembutkan dan menyingkirkan mata ikan di kaki. Manfaat cuka sari apel dapat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan melunakkan mata ikan. Cuka sari apel juga bersifat antibakteri dan dapat membunuh bakteri di area mata ikan.

Caranya, rendamlah kaki yang terkena mata ikan dalam larutan cuka sari apel selama 25 menit kemudian  gosok dengan batu apung. Bungkus kulit kaki yang terdapat mata ikan dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel. Setelah seminggu Anda akan melihat perbedaannya.

2. Batu apung

Batu apung juga salah satu yang terbaik untuk menghilangkan mata ikan di kaki. Ini karena batu apung sangat cocok untuk menghilangkan kulit mati.

Sebelum menggunakan batu apung, terlebih dahulu rendamlah kaki yang bermata ikan di dalam air hangat selama lima hingga tujuh menit. Kemudian gosoklah menggunakan batu apung secara lembut selama tiga menit. Lakukanlah cara alami mengobati mata ikan ini setiap hari sampai benar-benar sembuh.

3. Pepaya

Selain menyegarkan, buah pepaya juga menjadi salah satu cara alami mengobati mata ikan. Pepaya dikenal memiliki khasiat untuk pengelupasan kulit, berkat enzim papain yang ditemukan dalam pepaya. Tentu sangat cocok untuk menghilangkan mata ikan di kaki.

Caranya, oleskan setengah sendok teh jus pepaya mentah pada mata ikan dengan bantuan kapas. Biarkan hingga semalaman dan bersihkan keesokan harinya. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin tiap malam sampai mata ikan benar-benar menghilang.

4. Lemon

Air lemon yang memiliki rasa asam ini juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata ikan. Caranya oleskanlah air lemon atau gosokkan menggunakan potongan lemon pada mata ikan dan biarkan selama semalaman. Lakukan setidaknya tiga kali sehari untuk melembutkan mata ikan hingga mudah digosok dengan batu apung.

5. Nanas

Selain dijadikan rujak, selai atau makanan olahan lainnya, buah nanas bisa dijadikan obat alami mata ikan yang efektif. Kandungan enzim bromelain yang ada dalam nanas dapat melunakkan mata ikan. Nanas juga dapat meringankan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Cara alami mengobati mata ikan ini hampir sama dengan cara di atas, pertama tempelkan nanas yang diiris tipis kemudian perban menggunakan kain kasa. Setelah dibiarkan semalaman, buka dan bersihkan. Lakukanlah cara ini setiap malam dan lihatlah hasilnya dalam seminggu atau lebih.

6. Minyak kelapa

Oleskanlah minyak kelapa pada mata ikan sambil memijatnya beberapa saaat hingga kulit terasa lembut, kemudian gosok menggunakan batu apung. Cobalah cara ini tiga kali sehati hingga mata ikan benar-benar menghilang.

7. Castor oil

Manfaat castor oil atau minyak jarak dapat melunakkan mata ikan sehingga dengan mudah menghilangkannya. Ini merupakan obat alami mata ikan paling bagus dan cepat.

Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan castor oil pada mata ikan sebanyak tiga kali sehari. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata ikan benar-benar tidak meninggalkan bekas. Ingat, jangan oleskan minyak jarak pada kulit yang luka.

8. Minyak terpentin

Minyak terpentin adalah rubefacient, yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Minyak ini juga dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi.

Caranya juga cukup mudah, sebelumnya oleskan es batu pada mata ikan sekitar tiga menit. Kemudian lilitkan kain yang sebelumnya direndam dalam minyak terpentin pada kaki. Lakukanlah beberapa kali sehari untuk mengelupas mata ikan.

9. Bawang putih

Cara mengobati mata ikan dengan bawang putih ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kondisi kulit tersebut. Uji klinis menunjukkan bahwa bawang putih menyebabkan pembuangan efektif jaringan mata ikan dari tubuh.

Cara menghilangkan mata ikan dengan bawang putih ini cukup mudah, potonglah bawang putih segar, lalu gosokkan pada kulit selama satu menit. Selain itu, Anda juga bisa menutupinya dengan perban yang sudah diisi dengan tumbukan bawang putih. Cara terbaik menggunakan bawang putih untuk mata ikan ini adalah di malam hari secara rutin hingga sembuh.

10. Bawang bombay

Bawang adalah bumbu masakan yang dapat mengobati mata ikan di kaki. Sifat antioksidan pada bawang dapat meningkatkan proses penyembuhan dan menghambat pertumbuhan mata ikan. Cara ini telah terbukti dapat mengurangi bekas luka pada kulit karena mata ikan.

Caranya, tempelkan irisan bawang pada mata ikan kemudian perban menggunakan kain kasa. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan harinya. Lakukan cara ini seiap hari dan lihat hasilnya selama seminggu.

11. Kunyit

Satu lagi bumbu dapur yang bisa dijadikan cara alami mengobati mata ikan adalah kunyi. Kandungan sifat antimikroba dan penyembuhan dalam kunyit, bila digabungkan dengan madu dapat menghilangkan mata ikan dalam beberapa hari.

Terlebih dahulu buatlah campuran bubuk kunyit dengan madu hingga nmenjadi pasta, kemudian oleskan pada mata ikan di kaki. Setelah mengering, bilaslah menggunakan air bersih. Lakukan cara ini du kali dalam satu hari dengan rutin dan Anda akan melihat hasilnya dalam waktu beberapa hari.

12. Aspirin

Penggunaan aspirin, air lemon dan air akan membantu menyingkirkan masalah mata ikan pada kaki. Caranya oleskan campuran ketiga bahan tadi pada mata ikan lalu bungkus dengan plastik dan handuk hangat di sekitarnya. Diamkan selama 15 menit lalu sikat mata ikan dengan batu apung. Penggunaan obat alami mata ikan ini harus dilakukan selama tujuh hari berturut-turut sampai mata ikan hilang.

13. Asam salisilat

Manfaat asam salisilat dapat memecah ikatan antara sel-sel kulit yang terkumpul pada mata ikan. Bahan ini kemudian secara perlahan melembutkan dan meningkatkan kelembabapan kulit yang bermata ikan.

Cara menggunakan obat alami mata ikan ini adalah dengan merendamlah kaki yang terkena mata ikan dalam air hangat terlebih dahulu selama lima menit. Setelah kaki dikeringkan, gosoklah menggunakan batu untuk mengelupas kulit mati di area yang terkena. Lalu oleskan asam salisilat hanya pada area yang terkena mata ikan dan biarkan selama lima menit. Setelah kering, bilaslah dengan air sampai bersih.

Cara menghilangkan mata ikan bisa anda lakukan satu atau dua kali sehari selama dua minggu hingga sembuh.

14. Garam Epsom

Garam Epsom adalah bahan yang biasa digunakan sebagai exfoliant atau pengelupasan kulit. Ini juga bisa menenangkan kulit dan mengurangi rasa sakit. Manfaat lainnya bahkan sebagai antibakteri. Jadi, garam Epsom ini cocok digunakan untuk mengobati mata ikan.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah merendam kaki yang terkena mata ikan dengan air hangat yang telah ditambahkan garam Epsom selama 10 sampai 15 menit. Ini akan melunakkan kulit yeng terkena mata ikan. Kemudian gosok menggunakan batu kapur untuk mengelupas kulit mati di area tersebut. Anda bisa melakukan cara ini selama beberapa hari dlams eminggu.

15. Baking soda

Bakig soda atau soda kue juga dapat mengelupas sel-sel kulit mati di area mata kaki. Bahan ini juga dapat mencegah infeksi.

Pertama campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit yang terkena dana biarkan selama semalaman. Anda bisa melakukannya setiap malam selama lima sampai tujuh hari.

Ingat, jangan mengoleskan selain pada kulit yang terkena mata kaki, karena ramuan ini dapat membuat kulit yang sehat menjadi kering.

16. Licorice

Licorice adalah tanaman akar manis yang memiliki sifat penyembuh. Kandungan anti-inflamasi dan antimikroba mampu menghilangkan mata ikan di kaki.

Cara menghilangkan mata ikan menggunakan licorice hampir sama dengan obat alami lainnya. Pertama campurkan licorice yang telah ditumbuk dengan minyak mustard, kemudian oleskan pada kulit yang terkena sebelum tidur. Esoknya bersihkanlah menggunakan air hangat.

ANda bisa melakukan cara ini setiap malam selama beberapa hari untuk menghilangkan mata ikan di kaki.

17. Oatmeal

Mungkin asing bagi Anda, namun oatmeal juga bahan yang dapat digunakan untuk pengelupasan kulit dan memiliki sifat yang menenangkan. Bagaimana caranya?

Pertama rebuslah 1/2 cangkir oatmeal dalam air sekitar lima menit. Setelah mendidih, saringlah untuk mendapatkan air rebusan oatmeal dan oleskan pada kulit yang terkena. Biarkanlah selama 10 sampai 15 menit sebelum dibilas. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari hingga sembuh.

18. Vitain E

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak dan memilika antioksidan. Nah, vitamin ini dapat melunakkan mata ikan dan membantu menghilangkannya dengan cepat.

Caranya, Lubangi kapsul vitami E menggunakan jarum. Secara perlahan oleskanah pada kulit yang terkena. Agar meresap, biarkan selama beberapa menit lalu tutup menggunakan kaus kaki. Anda bisa melakukan cara ini setiap malam sebelum tidur sampai mata ikan sembuh.