Cara Alami Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak

doktersehat-anak-kid-children-sakit-flu-demam-fever-batuk-kering

DokterSehat.Com – Batuk pilek pada anak bukan penyakit yang mengherankan apabila menyerang sang buah hati. Namun tak jarang,  orang tua mengambil tindakan yaitu langsung memberikan obat batuk pilek anak untuk mereka. Resiko besar menanti apabila anak-anak terlalu sering mengonsumsi obat batuk dan pilek dan langkah yang bisa diambil adalah menggunakan cara alami menyembuhkan batuk dan pilek pada anak.

Bila si kecil menderita batuk dan pilek jauh lebih bijak bila ibu memberikan obat tradisional batuk pilek anak atau tindakan lain yang bisa meredakan gejalanya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan oleh obat-obatan kimia.

Pengobatan Alami Batuk dan Pilek pada Anak

Berikut ini adalah cara alami menyembuhkan batuk dan pilek pada anak tanpa obat-obatan kimia yang bisa Anda coba saat anak terserang penyakit tersebut.

1. Uap Air

Uap air bisa membantu melancarkan hidung tersumbat dikarenakan batuk dan pilek menyerang anak. Cara termudah untuk menghasilkan uap adalah dengan menyalakan air panas di kamar mandi hingga menghasilkan uap.

Kemudian tutup pintu kamar mandi dan duduklah bersama anak Anda dalam ruang tersebut selama kurang lebih 15 menit. Lakukan terapi obat tradisional batuk pilek pada anak ini dua kali sehari.

2. Madu dan Lemon

Saat anak batuk pilek biasanya mereka akan kesulitan bernafas akibat hidung tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan campuran madu dan lemon guna melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi. Campurkan satu sendok teh madu ke dalam air hangat dan peraskan buah lemon hingga sarinya keluar ke dalam gelas tersebut. Aduk hingga merata dan berikan kepada anak.

3. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang baik untuk meredakan batuk. Caranya, campurkan satu jumput bubuk kunyit pada susu yang biasa dikonsumsi si kecil sebanyak dua kali sehari.

4. Pijatan lembut dengan minyak telon

Fakta menunjukkan bahwa resep obat tradisional minyak telon memiliki efek untuk mengurangi batuk pilek pada anak karena rasa hangat yang dihasilkan dapat membuat sang buah hati merasa lebih rileks dan mengencerkan hidung tersumbat.

Pemijatan lembut pada dada bayi menggunakan minyak telon dapat membantu mereka tertidur lebih mudah saat sakit. Jika tidak ada minyak telon, campuran minyak zaitun dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernafas. Anda dapat menggunakan minyak essential yang sehat seperti kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint.

5. Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih merupakan salah satu obat tradisional batuk pilek pada anak yang acap kali disepelekan oleh orang tua. Ketika terserang penyakit, baik anak kecil maupun orang dewasa cenderung banyak mengeluarkan lebih banyak cairan sehingga tubuh rentan akan dehidrasi.

Padahal, saat sedang sakit tubuh haruslah tetap ternutrisi dengan cairan agar mempercepat proses pemulihan. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air putih di kala anak mengalami batuk pilek.

6. Obat Tradisional Batuk Pilek pada Anak – Sup Ayam

Tahukah Anda bahwa sup ayam memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti dalam buku cerita fiksi anak? Pasalnya, untuk membuat sup ayam membutuhkan rempah-rempah sebagai penguat rasa. Rempah-rempah tersebut yang berperan mengusir penyakit dari tubuh, termasuk pula penyakit batuk pilek pada anak.

Demikian cara menyembuhkan batuk pilek pada anak secara alami. Apabila penyakit tersebut tak kunjung sembuh dan timbul gejala seperti demam tinggi, sulit bernafas, hingga kondisi tidak umum lainnya, segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit demi mendapatkan penanganan medis guna mendiagnosa penyakit-penyakit berbahaya lain.