Terbit: 17 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Asam urat adalah salah satu penyakit yang cukup merepotkan. Bagaimana tidak, jika sampai serangan dari penyakit ini muncul, maka kita pun akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena alasan inilah penderita asam urat sangat disarankan untuk memeriksakan kondisinya ke dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat demi mencegah serangannya. Selain itu, mereka juga bisa melakukan beberapa cara alami yang bisa mengatasi penyakit ini.

Nggak Ribet, Begini Cara Alami Mengatasi Asam Urat

Berbagai hal yang bisa menyebabkan penyakit asam urat

Pakar kesehatan menyebut asam urat seringkali dipicu oleh pola makan tinggi purin. Masalahnya adalah, makanan-makanan yang tinggi purin seringkali memiliki rasa yang nikmat. Sebagai contoh, purin bisa ditemukan di dalam daging merah, jeroan, makanan laut, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol.

Jika kadar purin masih dalam kondisi normal, ginjal akan membuangnya melalui urine. Hanya saja, jika kadar purin di dalam tubuh sudah sangat berlebihan, maka ginjal tak mampu lagi membuangnya dengan maksimal sehingga menyebabkan penumpukan zat asam urat. Zat ini akan mengkristal dengan bentuk yang runcing di persendian sehingga bisa menyebabkan datangnya serangan penyakit ini.

Selain karena pola makan, ada faktor lain yang juga bisa menyebabkan datangnya penyakit asam urat seperti obesitas, faktor genetik, hingga seringnya mengalami stres.

Beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam urat.

Selain dengan menurunkan asupan makanan tinggi purin dan memperbanyak asupan air putih, pakar kesehatan juga menyarankan penderita asam urat untuk melakukan berbagai hal ini demi mengatasi penyakit asam urat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu mengatasi penyakit ini.

  1. Mengonsumsi air lemon

Pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk mengonsumsi air lemon dua kali sehari demi menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam sitrat dan vitamin C di dalam lemon yang ternyata membantu proses peluruhan dari dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan

Penelitian yang dilakukan di University of Maryland, Amerika Serikat membuktikan bahwa penderita asam urat sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti sayur dan buah demi membantu mencegah terjadinya peradangan. Hal ini tentu akan mampu mencegah datangnya serangan asam urat dengan efektif.

Beberapa buah atau sayur yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini adalah tomat dan paprika.

  1. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Pakar kesehatan juga menyarankan penderita asam urat untuk memperbanyak asupan makanan berserat seperti oat atau buah pisang. Berhati-hatilah saat mengonsumsi sayuran karena bisa jadi sayuran yang dikonsumsi memiliki kandungan purin yang tinggi dan bisa memperburuk kondisi asam urat.

  1. Hindari makanan olahan serta gula tambahan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan olahan atau gula tambahan juga bisa menyebabkan kenaikan kadar asam urat. Karena alasan inilah sebaiknya selalu mengecek label makanan olahan yang akan kita konsumsi demi mengetahui seberapa banyak kadar gula tambahan yang ingin dikonsumsi.

  1. Menghindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol termasuk dalam penyebab utama dari masalah asam urat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol dalam membuat kadar asam urat meningkat dengan signifikan. Karena alasan inilah penderita asam urat harus benar-benar menghindari minuman ini.

  1. Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebihan termasuk dalam pemicu datangnya masalah asam urat. Karena alasan inilah penderita asam urat harus menerapkan pola makan yang sehat demi menjaga berat badannya tetap ideal.

  1. Mengendalikan stres

Stres bisa menyebabkan terjadinya peradangan yang akhirnya berimbas pada datangnya serangan asam urat. Karena alasan inilah kita harus benar-benar pandai mengendalikan stres dengan melakukan yoga, latihan pernapasan, berlibur, berolahraga, atau menikmati pemandangan alam demi mengatasinya.

Dengan melakukan berbagai hal ini, penderita asam urat bisa mencegah datangnya serangan asam urat yang menyakitkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi