Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki rambut panjang, tebal, lembut dan indah merupakan impian banyak wanita. Namun, shampoo dan conditioner saja terkadang tidak akan cukup untuk mendapatkan hal ini. Apalagi dengan kandungan bahan kimia yang kadang terdapat dalam shampoo dan conditioner justru bisa membuat rambut menjadi kasar dan kering. Jika Anda ingin melakukan pendekatan perawatan rambut yang lebih alami, beberapa cara ini dapat membantu Anda.

1. Lidah Buaya

Cara pertama bisa dilakukan dengan membuat semprotan rambut yang terbuat dari campuran lidah buaya dan air. Semprotkan bahan ini setiap selesai keramas dan ketika rambut dalam kondisi kering. Lidah buaya kaya akan enzim proteolitik yang mampu memperbaiki kerusakan sel-sel pada kulit kepala. Selain itu, lidah buaya juga akan memperbaiki kesehatan folikel dan mendorong pertumbuhan rambut.

2. Pijatan Minyak Kelapa/Minyak Zaitun

Pijatan minyak kelapa/minyak zaitun akan membantu menstimulasi folikel rambut dan memicu pertumbuhan rambut. Anda hanya perlu sedikit memanaskan minyak kelapa/minyak zaitun dan pijatkan pada kulit kepala Anda selama 15 menit, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Minyak kelapa kaya akan trigliserida yang membantu menutrisi batang rambut. Sedangkan minyak zaitun kaya akan antioksidan, asam lemak, dan vitamin E yang mencegah kerusakan rambut.

3. Telur

Untuk cara selanjutnya, Anda akan membutuhkan 1 butir telur, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, dan penutup rambut. Campur semua bahan dan oleskan pada kulit kepala dan rambut hingga merata, kemudian tutup selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin dan cuci dengan shampo bebas sulfate. Campuran ini mampu membantu Anda karena telur kaya akan protein yang mempu menutrisi rambut, membuatnya berkilau, dan memperbaiki tekstur rambut.

Nah, itu tadi beberapa cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan rambut yang panjang, lebat, serta lembut. Bagaimana, Anda siap mencobanya?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi