Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu

Doktersehat- cara-menghilangkan-jerawat-batu

DokterSehat.Com¬†–¬†Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang paling susah dihilangkan. Biasanya jerawat batu berbentuk besar, sakit, dan bisa menyebabkan peradangan bila tidak segera diatasi. Karena itulah banyak orang mencari berbagai cara menghilangkan jerawat batu.

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab jerawat batu antara lain faktor ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan, obat-obatan tertentu, diet, stres, polusi, debu, atau penggunaan kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Mereka yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja dan wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi, menopause, kehamilan, atau yang menderita sindrom ovarium polikistik. Meski begitu, penyebab jerawat batu yang pasti belum diketahui,

Jika Anda sudah memiliki jerawat batu, diperlukan perawatan ekstra guna mengurangi peradangan dan mencegah perkembangan jerawat. Berikut ini beberapa cara mengatasi jerawat batu secara alami, di antaranya:

  1. Baking soda

Cara menghilangkan jerawat batu yang pertama adalah menggunakan baking soda. Baking soda dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Tambahkan setengah sendok teh baking soda dengan air untuk membuatnya lebih kental. Anda juga bisa mencampurkan sedikit garam ke dalamnya.

Oleskan campuran ini pada daerah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Hal ini bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dari daerah tersebut dan mencegah jerawat lebih lanjut.

  1. Kentang

Kandungan alkali dalam kentang mampu menyingkirkan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Irislah kentang mentah hingga setengah bagian lalu gosoklah kulit yang berjerawat dengan potongan kentang tadi. Selain dipotong, Anda juga bisa menerapkannya dengan membuat jus kentang. Oleskan pada kulit berjerawat, setelah itu biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Telur

Putih telur juga efektif mengatasi jerawat. Caranya, campurkan putih telur dengan beberapa tetes madu. Oleskan daerah yang berjerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Cara ini dipercaya ampuh mengurangi jerawat dan menenangkan daerah yang mengalami jerawat.

  1. Madu dan kunyit

Campuran kunyit, madu, dan air jeruk nipis efektif mengobati jerawat batu dewasa. Cara ini juga ampuh mengurangi peradangan dan memiliki efek menenangkan pada kulit.

5.Lidah buaya

Oleskan jerawat batu Anda dengan daging lidah buaya yang sudah dibersihkan dari kulitnya. Lakukan cara menghilangkan jerawat batu ini tiap pagi dan sore. Bila Anda rajin mengoleskannya maka jerawat akan mengering dan mengelupas selama 3 hari. Bekas jerawat pun bisa hilang dengan lidah buaya.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Kandungan asam di dalamnya dipercaya memiliki efek antibakteri dan bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

Perlu menjadi perhatian, hindari mengaplikasikan cuka sari apel langsung pada kulit wajah. Campurkan terlebih dahulu dengan air dengan volume yang lebih banyak dari cuka sari apel. Hindari juga penggunaan cuka sari apel pada area kulit yang sensitif dan pada luka terbuka.

  1. Rutin membersihkan wajah

Membersihkan wajah setiap hari adalah cara menghilangkan jerawat batu secara alami yang dengan mudah dilakukan. Gunakan sabun yang lembut dan usap wajah dengan perlahan, lalu bilas dengan air hangat. Tidak hanya itu, rajin mandi khususnya setelah beraktivitas seharian juga turut menjaga kebersihan kulit dari minyak dan keringat yang bisa memicu munculnya jerawat.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang bisa Anda coba. Selain menerapkan cara mengatasi jerawat batu seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal lain yang juga tidak kalah penting adalah perubahan gaya hidup dan hindari kebiasaan memencet jerawat karena hal ini berisiko menyebabkan infeksi.

Jika beberapa cara menghilangkan jerawat batu di atas tidak berhasil, maka Anda harus mendapat bantuan dari dokter kulit atau ahli dermatologis.