Cara Alami Mengatasi Kram Perut

doktersehat-mens-haid-sakit-perut-1024

DokterSehat.Com – Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami kram perut. Perut kram menimbulkan sensasi rasa melilit, nyeri, serta kaku yang sangat tidak menyenangkan. Kram perut ini bisa muncul tiba-tiba, bahkan juga bisa menghilang tiba-tiba, tergantung dari penyebab kram perut yang menyerang seseorang.

Rasa nyeri dan kaku pada perut bisa tiba-tiba muncul saat beraktivitas, ini merupakan ciri dari kram yang menyerang perut. Penyebab kram perut sangat bervariasi. Pada wanita, perut kram sering dialami saat hari pertama datang bulan.

Kram perut bisa disebabkan oleh berbagai hal di luar kondisi fisiologi tubuh penderitanya, yaitu bisa dari makanan, minuman, stres, bisa juga terjadi saat menstruasi. Selain itu perut kram juga bisa terjadi akibat telat makan dan lama berada di ruang AC.

Baca juga: Awas, Jangan Sepelekan Sakit Perut Sebelah Kiri

Jika Anda sering mengalami karam perut, segera periksakan diri ke dokter, sebab kram yang sering terjadi pada perut bisa menandakan gejala awal dari penyakit seperti lambung, maag, masalah di kantung empedu, hernia atau organ lainnya. Namun, jika Anda terlanjut tidak tahan dengan rasa sakit dari kram yang menjangkiti perut ini, ada beberapa cara mengatasi kram pada perut yang bisa anda coba sebelum menghubungi dokter.

Cara Mengatasi Kram Perut – Obat Kram Perut Alami

Berikut ada beberapa cara mengatasi  kram perut dan obat kram peruta yang bisa Andsa coba di rumah.

1. Minum air putih

Siapa sangka, obat kram perut alami yang dipercaya bisa meredakan perut kram adalah air putih. Memperbanyak minum air putih saat perut terasa kram, karena air dapat mengurangi kadar asam di lambung. Juga mengurangi konsumsi kopi, teh dan minuman alkohol karena akan membuat rasa nyeri semakin bertambah.

2. Kapulaga

Ambil semua bagian tanaman kapulaga secukupnya dan air satu gelas. cuci bersih semua tanaman kapulaga. Rebus air satu gelas hingga mendidih, saring dahulu dan minum air rebusan selagi hangat. Kapulaga adalah obat kram perut alami yang pantas Anda coba sebagai salah satu cara mengatasi kram perut.

Baca juga: Sakit Perut yang Perlu Diwaspadai Saat Hamil

3. Gunakan botol atau handuk hangat

Cara mengatasi kram perut selanjutnya adalah dengan menggunakan botol yang diisi dengan air hangat. Biasanya, cara penanganan kram perut ini banyak dilakukan oleh wanita yang mengalami perut kram, dengan penyebab perut kram tersebut adalah karena sedang datang bulan. Suhu hangat dari air botol dapat membantu untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa nyeri akibat kram usus atau perut. Anda juga bisa mencoba meletakkan handuk hangat di perut.

4. Obat penghilang rasa sakit

 Obat kram perut dalam bentuk tablet banyak tersedia di apotek. Bisa juga dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol, untuk mengurangi nyeri akibat kram yang terjadi pada perut. Tetapi, hindari mengonsumsi aspirin atau obat anti-peradangan lain, karena rasa nyeri bisa semakin bertambah.

5. Mengonsumsi makanan hambar 

Apabila kram pada perut muncul setelah mengonsumsi makanan tertentu, cobalah atasi perut kram dengan mengonsumsi makanan hambar. Seperti, nasi, crackers, pisang atau roti tawar hingga perut kembali normal.

6. Mengubah kebiasaan makan 

Cara efektif agar terhindar dari kram perut adalah mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas, makanan berlemak dan mengonsumsi minuman berkarbonasi. Makanlah secara perlahan dan kunyah makanan dengan benar agar sistem pencernaan bekerja dengan sempurna. Kram usus bisa disebabkan karena pola makan yang tidak seimbang dan sering memakan makanan yang kurang bersahabat dengan kondisi sistem pencernaan. Anda juga harus memiliki pola makan yang teratur dan menghindari telat makan agar tidak muncul penyakit lain seperti maag atau penyakit lainnya.

Kram perut atau kram usus juga bisa terjadi lantaran organ pencernaan Anda yaitu usus mengalami sensitivitas yang berlebihan. Penyebab perut kram karena kram usus ini bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan, kelainan genetis, infeksi bakteri, bahkan akibat adanya stress yang berlebihan.

Untuk itu, selain berusaha untuk mencari obat kram di perut yang alami maupun obat-obatan medis, Anda juga perlu untuk mencegah perut yang kram dengan mengatur gaya hidup dan pola makan anda. Jangan biarkan diri Anda terjangkiti stres yang terus-menerus, karena hal ini bisa menyebabkan Anda merasa frustrasi sehingga kondisi tubuh anda dapat ikut menurun hingga mengalami perut kram atau kram usus.

Baca juga: Obat Alami Ini Bisa Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat

Jika anda mengalami kram pada perut secara tiba-tiba dan hal tersebut berlangsung cukup sering, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Terlebih jika perut yang kram dialami bersama gejala gangguan kesehatan yang lain, seperti muntah, perut bengkak, atau lainnya. Terlebih jika terdapat benjolan di perut, anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan atau pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab kram pada perut yang seperti ini harus segera ditemukan agar memperkecil kemungkinan adanya penyakit yang berbahaya menyerang tubuh. Penanganan yang tepat akan membuat penyebab perut kram bisa ditekan hingga anda kembali bugar seperti sediakala.