Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Batuk berdahak merupakan salah satu penyakit yang sering diderita anak-anak. Umumnya batuk berdahak disebabkan oleh virus atau bakteri dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu. Selain disembuhkan dengan obat-obatan, batuk berdahak juga bisa disembuhkan dengan cara alami. Bagaimana caranya?

Cara Alami Atasi Batuk Berdahak pada Anak

Mengatasi batuk berdahak pada anak dengan cara alami

Batuk berdahak biasanya membuat anak merasa tidak nyaman. Terkadang batuk berdahak juga disertai sesak napas, demam, nyeri dada, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan berair. Anak-anak yang mengalami batuk berdahak umumnya kehilangan selera makan dan sedikit rewel. Kondisi ini kadang membuat orang tua khawatir.

Selain memeriksakan si kecil ke dokter, Anda juga dapat mengobati batuk berdahak dengan cara alami, yaitu:
1. Berikan madu
Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa madu memiliki khasiat untuk meredakan batuk. Anda dapat menambahkan madu ke dalam segelas air hangat atau teh hangat dan minumkan pada anak sehari dua kali. Atau Anda bisa memberikan madu pada anak tanpa campuran apa pun. Perlu diingat, madu tidak bisa dikonsumsi oleh anak yang berumur di bawah 1 tahun. Jika anak Anda berusia di bawah 1 tahun maka sebaiknya hindari memberikan madu karena dapat menyebabkan keracunan makanan.

2. Perbanyak cairan
Rasa tidak nyaman saat batuk dapat diatasi dengan minum cairan yang banyak. Selain itu banyak minum juga dapat membantu mengencerkan dahak, mencegah dahak menumpuk dan menebal. Selain dengan memperbanyak minum, Anda juga dapat memberikan cairan melalui makanan hangat seperti sup.

3. Bantu anak mengeluarkan lendir

Setiap anak mulai batuk, ajarkan anak untuk mengeluarkan lendir saat batuk. Hal ini dapat membantu anak tidur lebih nyenyak dan lebih mudah bernapas.

4. Jauhkan anak dari polusi udara
Ketika anak batuk, jauhkan anak dari area yang terkena polusi udara. Berikan masker khusus anak-anak jika anak-anak berada di area yang terpapat polusi udara. Polusi dapat membuat batuk berdahak makin parah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Batuk berdahak dapat sembuh selama satu atau dua minggu. Jika batuk berlanjut lebih lama, Anda dapat memeriksakannya ke dokter.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi