Terbit: 18 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salad merupakan sebuah makanan sehat yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan dengan campuran saus serta bumbu tertentu. Salad sendiri memiliki rasa yang cukup unik, mengingat bahan dasarnya yang bervarian.

Suka Makan Salad? Simak Rahasianya Supaya Awet Yuk!

Sampai saat ini tidak sedikit orang , khususnya wanita yang sangat gemar mengonsumsi salad. Apalagi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, maka mereka bisa mengonsumsi salad sepanjang hari. Sebab, salad terkenal ampuh dalam menurunkan berat badan dalam waktu cepat dan aman.

Biasanya, ketika sedang dalam program diet, mereka akan membuat salad dalam jumlah banyak dan bisa dikonsumsi sewaktu-waktu. Namun, mengingat salad terbuat dari bahan yang segar, tentu saja akan mudah membusuk sehingga tak layak konsumsi lagi.

Nah, untuk itu, alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana cara agar salad menjadi awet dan tahan lama sehingga bisa dikonsumsi sewaktu-waktu tanpa harus takut busuk.

1. Simpan di Tempat Kedap Udara

Hal pertama yang bisa membuat salad menjadi busuk adalah adanya kontak dengan udara yang menyebabkan terjadinya oksidasi. Ketika oksidasi sudah terbentuk, maka buah dan sayuran pada salat akan berubah warna menjadi kecokelatan yang akhirnya memberi rasa kurang segar. Untuk itu, pilihlah tempat penyimpanan yang kedap udara, seperti plastik cling wrap atau ziplock.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Rendam Air Hangat

Selanjutnya, sebelum Anda mencampurkan buah dan sayuran tersebut pada saus dan bahan lain, sebaiknya simpan dan rendam pada air hangat. Jadi, irisan buah dan sayur yang sudah disiapkan tadi, rendamlah pada air hangat sehingga anti kecokelatan. Ketika ingin menggunakannya, tinggal campurkan irisan tersebut dengan saus.

3. Air Jeruk Lemon

Mungkin Anda sudah tahu jika perasan air lemon memang sangat manjur dalam memperlambat proses oksidasi pada makanan. Oleh karenanya, cara ini bisa Anda gunakan sebagai penyegar salad. Sebab, ketika salad diberi perasan air lemon, maka akan terjaga warna serta kesegarannya sampai siap disajikan kembali. Namun jangan lupa untuk membilasnya terlebih dahulu dengan air bersih agar rasanya normal kembali.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi