Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut lepek merupakan salah satu masalah rambut yang umum terjadi pada hampir setiap orang, khususnya bagi wanita yang mengenakan hijab. Sebab, hijab menutupi kepala dan membuat rambut sulit untuk bernapas. Akibatnya, rambut akan menjadi lepek dan tidak sehat karena tidak terpapar sinar matahari dan udara bebas.

3 Cara Mencegah Rambut Lepek Saat Menggunakan Hijab

Meskipun rambut Anda ditutupi dengan hijab, namun bukan berarti Anda membiarkannya tanpa melakukan perawatan. Hal ini dikarenakan, rambut lepek yang di biarkan begitu saja akan menjadi tidak sehat dan akan mengalami masalah rambut lainnya seperti kerotokan rambut, kusam, kering, dan sebagainya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang menggunakan hijab, berikut adalah beberapa tips untuk merawat rambut agar tidak lepek, diantaranya:

1. Pilih Bahan Hijab yang Mudah Menyerap Keringat

Biasanya Anda menggunakan hijab dalam waktu yang lama atau satu hari penuh. Tentu saja, hal tersebut bisa membuat kepala Anda berkeringat. Untuk mengatasi keringat tersebut agar tidak memengaruhi kesehatan rambut, sebaiknya pilih hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun atau sutra. Jangan pilih bahan hijab dengan jenis nilon atau polyster karena bahan tersebut tidak mudah menyerap keringat sehingga bisa membuat rambut Anda rusak dan bercabang.

2. Jangan Ikat Rambut Terlalu kencang

Sebelum menggunakan hijab, biasanya Anda akan mengikat rambut terlebih dahulu agar tidak menjuntai keluar. Namun perlu diingat, bahwa ketika mengikat rambut sebaiknya tidak mengikatnya terlalu kencang. Hal ini dikarenakan mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, selalu jaga kebersihan ikat rambut Anda agar tidak memicu kuman yang  bisa menyebabkan rambut gatal dan lepek.

3. Jangan Langsung Pakai Hijab Setelah Keramas

Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan keramas secara teratur memang sangat penting. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung menggunakan hijab setelah keramas tanpa menunggu rambut kering terlebih dahulu. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan rambut seperti rambut rontok, ketombe, serta rambut lepek dan bau apek. Bahkan, efek yang lebih buruk lagi adalah  bisa menyebabkan sakit kepala.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi