Cara Agar Rambut Keriting Anda Mudah Diatur

rambut-keriting-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Ashley

DokterSehat.Com– Rambut keriting memiliki pesona keindahannya tersendiri. Hanya saja, rambut jenis ini terkadang sulit diatur terutama saat Anda bangun di pagi hari. Namun, ada beberapa cara alami yang bisa membuat rambut Anda jadi lebih mudah diatur seperti yang dilansir dari stylecraze.com.

Photo Credit: Flickr.com/Ashley

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel bersifat sedikit asam dan mampu menjaga keseimbangan pH alami rambut. Selain itu, bahan ini juga bisa membantu menghaluskan folikel rambut dan melindungi kutikel rambut. Caranya, anda hanya perlu menyiapkan cuka sari apel dan air dalam jumlah yang sama, kemudian campurkan. Setelah keramas, bilas rambut Anda dengan campuran ini. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas lagi dengan air dingin. Lakukan perawatan ini satu atau dua kali sebulan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya juga sangat ampuh untuk menghauskan rambut Anda yang keriting dan tidak beraturan. Anda hanya perlu mengambil gel lidah buaya segar dan pijatkan pada rambut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, lalu keramas seperti biasa. Lidah buaya akan membantu menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga mencegah rambut rontok karena kulit kepala yang kering, terinfeksi atau mengalami iritasi.

3. Bunga sepatu

Bunga sepatu umumnya digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Namun, bunga ini juga bisa membantu menghilangkan racun dan menstimulasi sirkulasi pada kulit kepala. Anda juga bisa menggunakan bahan ini untuk membantu agar rambut keriting Anda lebih mudah diatur. Caranya, ambil 4 bunga sepatu dan beberapa lembar daunnya. Hancurkan dengan sedikit air, kemudian oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Bilas rambut Anda dengan air hangat kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan perawatan ini satu atau dua kali seminggu.

Rambut Anda, apapun jenisnya, memerlukan perawatan yang maksimal agar tetap sehat dan menawan. Rawat rambut keriting Anda dengan bahan-bahan alami di atas agar lebih mudah diatur, sehat dan berkilau. Dengan rambut yang sehat, penampilan Anda juga tentu akan semakin maksimal.