Hindari 3 Kebiasaan Berikut ini agar Kentut tidak Berbau Busuk

kentut-doktersehat
Photo Credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Semua orang akan mengalami buang angin atau gas dari dalam tubuh yang biasa disebut dengan kentut. Kentut terjadi akibat adanya penumpukan gas di dalam perut. Akibat penumpukan tersebut, maka gas akan keluar melalui dubur yang disertai dengan suara dan kadang bau yang kurang sedap.

Ketika seseorang ingin buang angin atau kentut, mereka akan merasakan gejala mulas pada perut terlebih dahulu. Karena suara dan bau kurang sedap yang ditimbulkan saat buang angin, maka tak heran jika buang angin merupakan suatu hal yang jorok dan menjijikkan, terlebih lagi jika melakukan buang angin di depan orang banyak.

Buang angin memang menyehatkan, namun akan sangat mengganggu jika saat buang angin juga mengeluarkan bau yang kurang sedap. Untuk itu, ada tiga cara harus Anda hindari agar angin atau gas yang keluar dari dalam perut Anda tida mengeluarkan bau busuk.

1. Jangan Mengenakan Celana Ketat

Untuk menghindari buang angin dengan bau yang kurang sedap adalah jangan mengenakan celana ketat. Umumnya, Anda sering mengenakan celana ketat. Celana tersebut memang akan membuat penampilan Anda terlihat semakin menarik, akan tetapi mengenakan celana yang super ketat akan membuat kentut Anda memiliki bau yang kurang sedap. Hal ini dikarenakan perut Anda akan mengalami kembung akibat udara yang tidak bisa keluar dari tubuh. Sehingga akan menumpuk di dalam tubuh, terutama perut. Di dalam perut terdapat sistem pencernaan yang pastinya juga akan menyimpan sampah makanan. Hal itulah yang membuat kentut yang keluar dari dubur Anda akan disertai dengan bau busuk.

2. Makan Perlahan

Tidak hanya bermanfaat bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan saja, makan secara perlahan juga bisa membantu Anda agar tidak mengeluarkan kentut yang berbau busuk. Sebab, jika Anda makan terlalu cepat, maka udara yang masuk ke dalam tubuh akan semakin banyak. Udara yang tertelan tersebut akan menjadi gas yang nantinya akan keluar menjadi kentut. Walaupun ,makan perlahan juga menyebabkan udara masuk ke dalam tubuh, namun laju udara tersebut bisa diperlambat.

3. Hindari Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk membuat nafas lebih segar. Akan tetapi, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan Anda buang angin dengan bau yang busuk. Hal ini disebabkan karena pada saat Anda mengunyah permen karet, Anda akan menelan udara yang akan menumpuk di dalam pencernaan dan menyebakan kentut.