Cara Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL (Dijamin Aman)

tips-agar-cepat-melahirkan-sebelum-hpl-doktersehat

DokterSehat.Com – Melahirkan lewat dari HPL bisa meningkatkan risiko pada janin dan ibu, seperti lahir caesar atau bahkan kematian janin. Oleh karena itu, banyak ibu yang ingin melahirkan sebelum HPL (hari perkiraan lahir). Anda bisa menyimak informasi bagaimana cara agar cepat melahirkan sebelum HPL melalui penjelasan ini.

Apa itu HPL?

HPL adalah hari di mana bayi diperkirakan akan lahir dengan hitungan ideal, yaitu usia kandungan masuk pada minggu ke-40. Dokter bisa menentukan hari perkiraan lahir bayi melalui informasi HPHT (hari pertama haid terakhir) Anda.

Waktu kelahiran bayi yang sesuai dengan HPL memang cukup ideal. Pasalnya, ketika janin genap berusia 40 minggu maka semua organnya sudah utuh dan berfungsi dengan baik untuk ukuran bayi.

Amankah jika bayi lahir sebelum HPL?

Melahirkan sebelum HPL bisa jadi kurang aman bagi tumbuh kembang bayi jika usia kandungan masih kurang dari 37-38 minggu. Hal ini dikarenakan fungsi dari organ-organ bayi belum berkembang sempurna sebelum usia kehamilan mencapai minggu ke-37/38.

Jadi, melahirkan sebelum HPL akan aman jika usia kandungan sudah memasuki antara minggu ke-38 hingga sebelum minggu ke-40. Pada rentang usia kandungan tersebut, bayi hanya akan mengalami peningkatan lemak tetapi organ vitalnya sudah selesai bertumbuh dan berkembang.

Alasan para ibu ingin tahu cara agar cepat melahirkan sebelum HPL

Banyak ibu yang ingin tahu cara agar cepat melahirkan pada usia antara minggu ke-38 hingga sebelum minggu ke-40. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Para ibu hamil memiliki beberapa alasan mengapa ingin segera melahirkan dan mencari tahu caranya.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa tidak sedikit ibu yang ingin mengetahui cara agar cepat melahirkan sebelum HPL:

1. Menghindari risiko pada janin

Para ibu yang ingin tahu tips agar cepat melahirkan sebelum HPL umumnya memiliki alasan kuat secara medis, yaitu ingin menghindari risiko pada janin. Hal ini dikarenakan kelahiran yang melewati HPL cenderung membahayakan keselamatan janin.

2. Supaya bisa melahirkan secara normal

Pernahkah Anda mendengar jika melahirkan lewat dari HPL dan tidak ada rangsangan maka proses persalinan sering kali dilakukan dengan cara induksi atau operasi sesar? Itu dilakukan demi keselamatan nyawa janin dan ibu.

Para ibu yang mengetahui hal ini maka akan mencari tahu cara agar cepat melahirkan sebelum HPL. Kelahiran sebelum HPL memiliki peluang proses persalinan normal yang lebih tinggi selama kondisi kehamilan berjalan lancar.

Baca Juga: Episiotomi (Gunting Vagina), Tindakan Persalinan yang Tak Perlu Dicemaskan

3. Ingin segera menimang bayi

Mengandung janin selama kurang lebih 9 bulan tentunya membuat ibu tak sabar ingin segera melihat sang buah hati. Meskipun bukan merupakan alasan medis, alasan ini juga sering kali membuat banyak ibu yang ingin mengetahui tips tips agar cepat melahirkan sebelum hpl.

Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL

Apabila Anda memiliki beberapa alasan yang telah disebutkan sehingga ingin melahirkan lebih cepat dari HPL, yaitu sekitar usia kehamilan antara minggu ke-38 hingga 39 maka Anda bisa menyimak beberapa tips agar cepat melahirkan sebelum HPL.

Di bawah ini adalah beberapa tips agar cepat melahirkan sebelum HPL:

1. Rutin jalan kaki

Cara agar cepat melahirkan yang ampuh adalah dengan melakukan jalan kaki secara rutin. Akan tetapi, jangan berjalan terlalu jauh karena bisa berdampak pada kelelahan. Apabila usia Anda sudah memasuki usia minggu ke-37 atau ke-38 maka Anda bisa melakukan jalan kaki secara rutin.

Anda bisa menjadwalkan jalan pagi dan sore secara rutin. Jalan kaki santai mengelilingi taman bisa membantu posisi bayi masuk ke jalan lahir lebih bawah lagi. Jangan melakukan lari pagi karena bisa berisiko pada pendarahan saat hamil.

2. Senam hamil

Senam hamil juga bisa menjadi salah satu cara agar cepat melahirkan dan cara ini cukup aman. Lakukanlah gerakan-gerakan khusus senam ibu hamil yang aman bagi Anda dan juga janin.

Gerakan di dalam senam hamil cukup ampuh untuk merangsang janin dan mempercepat kontraksi rahim. Anda bisa melakukan senam hamil secara rutin bila usia kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke-38.

3. Stimulasi puting

Ternyata memberikan rangsangan terhadap puting dapat mempercepat proses persalinan. Ini dikarenakan puting payudara yang terangsang bisa menghasilkan hormon oksitoksin. Hormon oksitoksin inilah yang bisa mempercepat kontraksi.

Anda bisa memberikan rangsangan pada puting Anda dengan memijat-mijat puting payudara secara perlahan. Pijat-pijatlah puting selama kira-kira 5 menit. Pemijatan pada puting ini cukup memengaruhi percepatan kelahiran sebelum HPL.

4. Berhubungan intim

Ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan yang aman, yaitu sekitar minggu ke37 atau minggu ke-38 sangat dianjurkan untuk melakukan hubungan suami istri lebih sering. Hal ini dikarenakan hubungan intim bisa menjadi cara agar cepat melahirkan sebelum HPL.

Alasannya adalah sperma yang masuk ke dalam vagina mengandung prostaglandin yang berperan terhadap kontraksi rahim. Hubungan intim tak ubahnya bagaikan induksi alami. Metode induksi alami ini merupakan tips agar cepat melahirkan yang banyak dilakukan oleh pasangan suami istri.

5. Mengepel

Gerakan yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat kelahiran sebelum HPL adalah dengan mengepel. Namun, kegiatan mengepel ini bukanlah mengepel dengan menggunakan alat.

Kegiatan mengepel yang dimaksud adalah mengepel lantai yang menggunakan kain lap sehingga posisi Anda akan sering menungging saat sedang mengepel. Posisi menungging ini merupakan tips agar cepat melahirkan sebelum HPL yang cukup ampuh.

Baca Juga: 15 Penyebab Dokter Menyarankan Operasi Caesar Saat Persalinan

6. Makan pedas

Anda suka makanan pedas? Ternyata, selera Anda ini tidak hanya bisa memuaskan selera makan Anda tetapi juga bisa menjadi cara agar cepat melahirkan sebelum HPL. Namun, jangan makan terlalu pedas juga karena bisa membahayakan kesehatan saluran cerna Anda.

Tips agar cepat melahirkan yang satu ini mungkin tidak bisa diterapkan oleh beberapa ibu hamil. Sebelum mengonsumsi makanan pedas untuk mempercepat kelahiran sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan agar hal-hal buruk karena makanan pedas dapat dihindari.