DokterSehat.Com – Kentut adalah mekanisme alami tubuh untuk membuang gas yang ada di dalamnya. Akan tetapi, ada kalanya seseorang mengalami susah kentut yang mana kondisi ini tentu membuat ketidaknyamanan di area perut. Lantas, bagaimana cara agar bisa kentut?

cara-agar-bisa-kentut-doktersehat

Cara Agar Bisa Kentut (Mudah dan Efektif)

Jangan buru-buru panik ketika Anda susah kentut. Ada sejumlah cara agar bisa kentut yang mudah dan efektif untuk bisa Anda terapkan. Apa saja itu? Berikut adalah informasinya.

1. Diet

Susah kentut yang Anda alami mungkin saja disebabkan oleh pola makan yang salah, baik itu dari pemilihan makanannya (diet) maupun jadwal makan itu sendiri.

Jika kondisi susah kentut sudah telanjur Anda alami, maka cara agar bisa kentut adalah dengan menerapkan diet yang tepat. Pasalnya, ada sejumlah jenis makanan yang diklaim dapat membantu pengeluaran gas dari dalam tubuh. Makanan yang dimaksud seperti:

  • Makanan mengandung serat, seperti buah dan sayur
  • Makanan yang mengandung sedikit gula
  • Minuman bersoda
  • Kacang-kacangan
  • Produk olahan susu

Meskipun bisa membantu mengatasi sulit kentut, sebaiknya mengonsumsi makanan-makanan tersebut sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan, terutama minuman bersoda dan produk olahan susu. Pasalnya, konsumsi yang berlebihan justru akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti sembelit.

2. Teh Chamomile

Cara mengatasi susah kentut selanjutnya adalah dengan minum teh chamomile. Teh chamomile dipercaya sebagai obat susah kentut alami yang cukup efektif.

Guna mendapatkan hasil maksimal, disarankan untuk minum teh chamomile sebelum makan dan sebelum tidur di malam hari.

Selain chamomile, teh jahe adalah minuman teh lainnya yang juga diklaim memiliki efektivitas tak kalah tinggi dalam mengatasi kondisi susah kentut.

3. Peppermint

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa daun peppermint bisa dijadikan cara agar bisa kentut, seperti kondisi susah kentut yang diakibatkan oleh penyakit iritasi usus (irritable bowel syndrome).

Anda bisa memanfaatkan produk teh peppermint atau suplemen yang terbuat dari ekstrak daun peppermint ketika mengalami susah kentut. Untuk teh peppermint, sebaiknya diminum sebelum makan agar hasilnya optimal.

Sedangkan untuk suplemen peppermint, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya dikarenakan suplemen tersebut memiliki interaksi dengan sejumlah jenis obat-obatan, pun bisa menimbulkan gejala efek samping seperti heartburn.  

4. Cengkeh

Jenis rempah-rempah yang satu ini juga bisa dijadikan cara agar bisa kentut dengan efektivitas yang diklaim cukup tinggi.

Pasalnya, cengkeh membantu tubuh untuk memproduksi enzim pencernaan yang mana enzim tersebut nantinya bertugas membuang gas yang ‘terjebak’ di dalam perut.

Campurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam air putih hangat atau teh, kemudian diminum setiap sehabis makan.

5. Cuka Apel

Jika saat ini Anda sedang mengalami yang namanya susah kentut, minum air yang dicampur cuka apel juga disebut-sebut dapat mengatasi hal ini.

Lupakan rasa asam dari cuka apel karena cara mengatasi susah kentut yang satu ini cukup efektif. Kandungan zat pada cuka apel diklaim dapat merangsang gas untuk keluar dari tubuh.

Campurkan 1 (satu) sendok cuka apel dengan segelas air atau teh, kemudian minum sebelum makan atau sesuai kebutuhan.

6. Obat Simethicone

Selain teh chamomile dan peppermint, cara agar bisa kentut lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat dengan kandungan simethicone. Obat simethicone adalah obat yang masuk  ke dalam golongan antiflatulensi. Fungsi dari obat ini adalah untuk mengatasi kelebihan produksi gas di dalam perut.

Simethicone dapat anda temui di apotek atau toko obat terdekat dengan pelbagai merek. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini, terlebih jika di saat bersamaan Anda juga tengah mengonsumsi obat lain maupun sedang hamil.

7. Olahraga Ringan

Saat perut terasa kembung akibat gas yang menumpuk di dalam dan sulit dikeluarkan melalui mekanisme kentut, maka cara agar bisa kentut yang satu ini patut Anda coba karena dianggap cukup ampuh.

Tak perlu melakukan aktivitas olahraga yang berat, cukup dengan jogging atau berjalan kaki santai , atau lompat tali selama beberapa menit saja sudah membantu tubuh untuk mengeluarkan gas yang ‘terjebak’ di dalam tubuh.

8. Yoga

Melakukan aktivitas yoga juga menjadi cara mengatasi susah kentut yang efektif. Beberapa posisi yoga yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah pengeluaran gas berlebih di dalam perut antara lain:

  • Balasana

Balasana (child’s pose) adalah gerakan yoga yang bisa dijadikan cara agar bisa kentut. Pasalnya, melakukan gerakan balasana membantu melemaskan pinggul. Alhasil, gas akan lebih mudah berpindah ke usus.

Posisikan tubuh dalam posisi merangkak, kemudian tarik bokong ke belakang. Setelah itu, tarik lengan ke depan hingga menyentuh matras sembari menempelkan dahi ke matras.  Cobalah untuk tetap rileks dengan mengatur napas sebaik mungkin selama melakukan gerakan ini.

Lakukan gerakan balasana secara rutin agar susah kentut bisa cepat teratasi.

  • Ananda Balasana

Selain balasana , ada juga posisi yoga lainnya untuk mengatasi susah kentut yakni ananda balasana alias happy baby pose. Manfaat dari gerakan ini adalah untuk melancarkan saluran pencernaan, di samping membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

Baringkan tubuh kemudian angkat kedua lutut kaki ke samping tubuh. Setelah itu, tekuk lutut sembari menghadapkan kaki ke atas. Pegang kaki dengan tangan Anda sambil menariknya guna memberikan efek tarikan.

Lakukan cara agar bisa kentut ini selama 30-60 detik agar gas bisa keluar dengan lancarnya.

  • Paschimottanasana

Sama seperti ananda balasana, cara mengatasi sulit kentut yang satu ini fungsinya untuk merilekskan otot tubuh, sekaligus melancarkan saluran pencernaan.

Ambillah posisi duduk dengan kedua kaki lurus ke depan. Setelah itu, bungkukkan tubuh ke depan sambil merentangkan tangan.

Akan lebih bagus lagi jika Anda bisa menempelkan dahi  hingga menyentuh lutut karena ini akan memberikan tekanan pada perut sehingga gas dapat dikeluarkan dengan mudah.

Akan tetapi, jangan paksakan diri jika dirasa tidak mampu karena dikhawatirkan akan menyebabkan cedera.

  • Squat

Cara agar bisa kentut yang satu ini dilakukan dengan berdiri tegak lalu kaki dibuka hingga lebarnya sejajar pinggul. Setelah itu, turunkan tubuh secara perlahan hingga punggung dan bokong terdorong ke belakang (setengah jongkok) sambil meluruskan tangan ke depan.

Kemudian, tahan tubuh selama beberapa saat sebelum kembali lagi ke posisi semula yaitu berdiri tegak. Ulangi gerakan squat ini selama 3-5 kali.

  • Supta Matsyendrasana

Tujuan dari gerakan yoga supta matsyendrasana atau two-knee spinal twist pose adalah untuk melancarkan sistem pencernaan dengan cara merilekskan organ usus sehingga gas dapat keluar lebih mudah.

Baringkan tubuh Anda, kemudian angkat kedua kaki dengan tetap menempel satu sama lain. Setelah itu, tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat dan tarik menuju dada sampai lutut menyentuh dahi.

Penyebab Susah Kentut

Bukan tanpa alasan mengapa Anda mengalami susah kentut. Beberapa penyebab susah kentut di antaranya sebagai berikut:

  • Sembelit
  • Obstruksi usus
  • Usus buntu kronis
  • Efek samping operasi

Selain itu, kebiasaan suka menahan kentut juga menjadi penyebab mengapa Anda jadi susah kentut. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan ‘buruk’ yang satu ini jika tidak ingin mengalami susah kentut di kemudian hari.

Itu dia informasi mengenai cara agar bisa kentut beserta penyebab susah kentut yang perlu Anda ketahui. Apabila kondisi ini sudah berlangsung lama dan tak juga hilang bahkan setelah melakukan cara mengatasi susah kentut di atas, sebaiknya segera kunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Blake, K. (2019). Flatulence. https://www.healthline.com/health/gas-flatulence#causes (Diakses pada 11 November 2019)
  2. Cronkleton, E. (2017). How to fart. https://www.healthline.com/health/digestive-health/how-to-fart (Diakses pada 11 November 2019)
  3. Whelan, C. (2017). How to Get Rid of Gas, Pains, and Bloating. https://www.healthline.com/health/digestive-health/get-rid-of-gas-pains-and-bloating (Diakses pada 11 November 2019)