Begini Caranya Agar Asam Urat Tidak Kambuh Terus Menerus

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Bagi penderita asam urat, serangan dari penyakit ini bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, serangan asam urat ini bisa saja menyebabkan pembengkakan pada sendi atau sensasi kaku pada persendian yang membuatnya tidak bisa digerakkan dengan leluasa. Banyak penderita asam urat yang bahkan sampai putus asa akibat seringnya serangan asam urat ini muncul.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa demi mencegah datangnya serangan asam urat, penderitanya harus melakukan perubahan gaya hidup dengan drastis, khususnya dalam hal mematuhi segala larangan yang bisa memicu datangnya serangan asam urat.

Gaya hidup pertama yang harus diterapkan oleh penderita asam urat adalah dengan menghindari makanan atau minuman dengan kadar purin yang tinggi. Mereka tak lagi bisa mengonsumsi jeroan, makanan laut, beberapa jenis sayuran atau kacang-kacangan, serta menurunkan asupan makanan yang kaya akan lemak dan kolesterol. Sebagai contoh, mereka tak lagi bisa memakan kerang, udang, cumi, usus, hati, emping, dan menurunkan asupan daging merah.

Hal lain yang harus penderita asam urat lakukan adalah rajin mengonsumsi air putih dengan cukup. Meski terlihat sepele, banyak minum air putih bisa berpengaruh besar bagi frekuensi serangan asam urat. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dari Stikes Umitra yang ada d Lampung bernama Encep Irawan, disebutkan bahwa dengan menerapkan terapi air putih, kadar asam urat bisa diturunkan dengan signifikan sehingga bisa mencegah datangnya serangan asam urat dengan efektif.

Selain memperhatikan apa yang dimakan atau diminum, penderita asam urat sebaiknya juga lebih rajin untuk berolahraga. Dengan rutin melakukannya, persendian yang mengalami masalah seperti kaku atau pembengkakan bisa menjadi semakin sehat. Proses peluruhan racun dan purin di dalam tubuh juga akan berlangsung dengan lancar. Olahraga secara teratur juga akan membuat daya tahan tubuh penderita asam urat semakin membaik sehingga akan menurunkan frekuensi serangan asam urat dengan efektif.

Penderita asam urat harus rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, jangan mengonsumsinya saat serangan datang saja. Obat ini memang diperuntukkan demi mencegah serangan asam urat, bukan mengobati serangannya.