9 Tips Memilih Car Seat Bayi yang Nyaman dan Aman

inilah-tips-memilih-car-seat-bayi-yang-nyaman-doktersehat

DokterSehat.Com – Car seat bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang dibutuhkan ketika bayi Anda sudah lahir. Semakin banyaknya pasangan suami istri yang memiliki mobil pada masa kini. Hal ini membuat car seat bayi semakin banyak dibutuhkan oleh para orang tua.

Para orang tua baru sudah mulai sibuk untuk memilih segala perlengkapan bayi termasuk car seat bayi. Akan tetapi, masih banyak orang tua baru yang belum tahu bagaimana memilih car seat bayi yang nyaman dan aman. Di sini Anda akan menemukan beberapa tips yang akan membantu Anda memilih car seat bayi yang nyaman dan aman.

Tips memilih car seat bayi yang nyaman dan aman

Car seat bayi adalah perlengkapan bayi yang digunakan sebagai kursi bayi di dalam mobil. Saat membeli car seat bayi, kenyamanan dan keamanan merupakan unsur terpenting bagi bayi Anda. Oleh karena itu, simaklah beberapa tips memilih car seat bayi yang nyaman dan aman di bawah ini.

1. Pilihlah tipe removable rear-facing car seat

Removable rear-facing car seat adalah Kursi mobil bayi yang dapat dilepas. Car seat bayi tipe ini sangat cocok sebagai kursi bayi pertama di dalam mobil. Tipe Removable rear-facing car seat memiliki pegangan.

Jadi, Anda bisa menjinjing bayi Anda dengan car seat bayi jenis ini. Bahkan tipe Removable rear-facing car seat bayi ini bisa terhubung ke kereta bayi yang cocok. Kelebihan dari removable rear-facing car seat bayi adalah dapat dilepas. Ini artinya bayi Anda tidak perlu terbangun saat Anda ingin keluar dari dalam mobil.

Baca juga: Penggunaan Car Seat Untuk Bayi: Hadap Depan atau Belakang?

2. Pastikan semua tali dan tali pengikat pas

Saat Anda membeli perlengkapan bayi yang satu ini, pastikanlah tali pengikatnya. Hal ini sangat penting demi keamanan bayi Anda. Periksalah bahan dan kondisi dari semua tali pengikat yang ada pada car seat bayi tersebut.

3. Cari yang memiliki perlindungan samping

Perlindungan samping harus ada pada car seat bayi Anda. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanannya. Beberapa car seat bayi memiliki busa penyerap energi khusus dan fitur lain yang dirancang dengan baik untuk melindungi kepala dan dada bayi Anda dari benturan pada bagian samping.

4.LATCH (Lower Anchors and Tether for Children)

Sistem LATCH adalah sistem baru pada car seat bayi yang memungkinkan kursi bayi ini dipasang langsung ke jok mobil. Semua kursi mobil dan kendaraan telah kompatibel dengan sistem LATCH sejak tahun 2002. Pastikan untuk mencatat batas berat LATCH pada buku manual atau label yang ditempelkan di kursi untuk mengetahui pada titik mana Anda harus memasang car seat bayi dengan sabuk pengaman.

5. Tes keempukan kursi bayi

Car seat bayi merupakan perlengkapan bayi yang harus memiliki sisi kenyamanan. Hal ini dikarenakan kursi bayi jenis ini terkait dengan perjalanan. Jadi, buatlah bayi Anda nyaman selama perjalanan. Car seat bayi yang empuk dengan banyak dukungan kepala menjadikan perjalanan bayi Anda terasa nyaman.

6. Perhatikan keberadaan aksesori

Keberadaan aksesori cukup penting pada perlengkapan bayi yang satu ini. Hal ini dikarenakan aksesori adalah bagian yang menyenangkan. Selain keamanan dan kenyamanan, perhatikanlah pula sisi kesenangan. Anda akan menemukan car seat bayi dalam berbagai warna dan aksesori. Bayi Anda akan merasa senang di dalam mobil.

7. Mudah dibersihkan

Anda pasti tahu bahwa bayi itu suka membuat kotor tanpa ia sadari sehingga car seat bayi juga menjadi kotor. Car seat bayi tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja saat ia menjadi kotor atau sudah lama terpakai. Car seat bayi akan dibersihkan secara berkala. Oleh karena itu, carilah car seat bayi dengan penutup yang dapat dilepas dan bisa dicuci dengan mesin.

Baca juga: 5 Kesalahan Penggunaan Car Seat yang Sering Terjadi

8. Belilah secara online

Apabila Anda ingin menghemat uang di dalam pembelian car seat bayi maka pertimbangkanlah untuk membeli kursi mobil bayi Anda secara online. Hal ini dikarenakan penghematan bisa sangat besar sampai pada 50% atau lebih. Pastikan Anda membeli car seat bayi di toko online yang terpercaya.

9. Pilihlah dengan merk terpercaya

Car seat bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang cukup penting dan mahal. Oleh karena itu, sebaiknya belilah car seat bayi dengan merk terpercaya. Biasanya merk merupakan cerminan dari jaminan mutu dari suatu produk termasuk kursi bayi ini. Carilah merk yang telah mengantongi sertifikat terkait keamanan mutu car seat bayi dan telah teruji melalui berbagai testimoni positif.