Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Lebaran adalah saat paling menyenangkan dan paling ditunggu oleh semua orang. Pada momen ini semua orang ingin berkunjung ke banyak saudara dan teman untuk mengikat kembali tali silaturahmi yang sudah renggang. Selain itu, Lebaran juga merupakan saat yang tepat untuk pelesir sampai puas sebelum kembali bekerja.

5 Tips Mengatasi Capai Berlebihan Saat Lebaran

Banyaknya kegiatan yang kita lakukan saat Lebaran membuat tubuh menjadi cepat lelah. Kondisi ini semakin diperparah oleh kebiasaan makan kita yang sembarangan sehingga tubuh kian pasif setiap hari.

Nah, agar Lebaran bisa dijalankan dengan lancar dan tubuh tetap fit selama melakukan perjalanan ke sanak saudara, simak beberapa tips di bawah ini dengan saksama, ya.

  1. Jangan lupakan olahraga

Saking asyiknya dengan Lebaran dan hidangan yang disajikan kita jadi lupa dengan olahraga. Aktivitas ini sangat penting untuk kesehatan tubuh karena bisa membuat Anda jadi lebih fit setiap hari dan peluang mendapatkan capai berlebih bisa dihindari.

Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti pergi ke gym untuk angkat beban. Lakukan olahraga ringan seperti jalan sehat setiap pagi atau jogging santai hingga tubuh berkeringat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Kalau Anda tidak bisa keluar rumah untuk melakukan olahraga, lakukan di halaman saja untuk lompat tali atau olahraga dengan menggunakan tubuh sebagai bebannya.

  1. Hindari begadang setiap malam

Karena asyik bertemu dengan keluarga atau teman, kita jadi sering begadang hingga tengah malam. Kondisi ini semakin diperparah kalau Anda mengonsumsi kopi yang membuat tubuh jadi terjaga dan susah sekali beristirahat dengan tenang setiap malamnya.

Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, sebisa mungkin untuk tidak bergadang. Lebih baik tidur dengan normal mulai pukul 22.00 dan bangun pagi esok harinya untuk olahraga. Kalau Anda menghabiskan hari untuk begadang hingga larut malam, peluang tubuh beristirahat akan menurun.

  1. Coba bergantian saat menyetir

Kalau Anda sering melakukan perjalanan dengan jarak yang jauh dari rumah, usahakan untuk bergantian menyetir. Dengan bergantian menyetir ini, tubuh tidak akan mengalami capai yang berlebihan.

Menyetir bisa membuat tubuh jadi capai meski menggunakan mobil. Oleh karena itu, coba bergantian kalau ada saudara yang bisa melakukannya juga. Kalau tidak ada yang bisa diajak bergantian menyetir, banyak-banyaklah berhenti untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh.

  1. Bagi kunjungan menjadi beberapa hari

Agar tidak capai berlebihan, bagilah lokasi kunjungan menjadi beberapa hari. Jangan semuanya dihabiskan dalam satu hari karena bisa membuat Anda terlalu capai dan tidak sempat menikmati istirahat di rumah saudara atau teman.

Bagilah kunjungan menjadi 2-3 hari. Usahakan arah dari rumah teman atau saudara searah sehingga tidak perlu bolak-balik untuk menuntaskan kunjungan. Pikirkan rute yang tepat juga saat melakukan kunjungan untuk menghindari macet dan capai selama berada di perjalanan.

  1. Sisihkan waktu untuk istirahat

Kalau lokasi kampung halaman yang Anda miliki jauh dengan lokasi tempat kerja atau rumah, sebisa mungkin sisakan satu hari untuk beristirahat dengan nyaman. Jangan keluar ke mana-mana sehari atau dua hari menjelang kembali bekerja agar tubuh kembali fit dan bisa diajak melakukan perjalanan.

Tanpa istirahat selama satu hari penuh di rumah, perjalanan kembali ke kota akan membuat Anda semakin capai. Selama perjalanan Anda bisa saja mengalami sakit atau saat bekerja Anda jadi malas karena tubuh masih lemas.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin menghabiskan Lebaran dengan menyenangkan, aman, dan bebas dari capai. Anda boleh berkunjung ke mana saja, tapi harus tahu kondisi fisik dan tidak boleh memaksakan diri.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi