Cangkang Telur Bisa Membantu Mengatasi Patah Tulang?

diet-telur-doktersehat

DokterSehat.Com– Kulit atau cangkang telur seringkali dianggap sebagai benda yang tak lagi bermanfaat. Kita pun hanya membuangnya setelah mengolah telur menjadi makanan. Hanya saja, belakangan ini beredar kabar bahwa cangkang telur bisa membantu menyembuhkan masalah patah tulang. Apakah anggapan ini memang benar?

Kandungan di dalam cangkang telur

Pakar kesehatan menyebut di dalam cangkang telur terdapat kandungan kalsium karbonat. Kandungan ini dikenal baik bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, kita juga bisa menemukan beberapa jenis protein serta mineral.

Sebagai informasi, 40 persen bahan pembentuk cangkang telur adalah kalsium. Bahkan, jika kita mengonsumsi ekstrak cangkang telur yang berasal dari separuh butir telur, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium harian, yakni sekitar 1.000 mg.

Keberadaan fakta inilah yang membuat banyak orang yang sengaja menjadikan cangkang telur untuk dijadikan bubuk dan dikonsumsi layaknya suplemen demi membantu meredakan masalah patah tulang atau sekadar membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat.

Apakah cangkang telur memang bisa mengatasi patah tulang?

Sebuah penelitian dilakukan oleh para ahli dari University of Massachusetts Lowell, Amerika Serikat untuk mengetahui kebenaran hal ini. Hasilnya adalah penelitian yang melibatkan tikus percobaan ini membuktikan bahwa cangkang telur memang bisa membantu mengatasi patah tulang.

Dalam penelitian ini, terbukti bahwa cangkang telur yang dijadikan bubuk memang bisa menyediakan asupan kalsium yang mendukung perbaikan tulang yang patah dan menumbuhkan jaringan tulang yang baru.

Meskipun masih dalam taraf uji coba pada tikus percobaan, banyak peneliti yang yakin jika hal ini juga bisa diaplikasikan ke manusia meskipun memang masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Penelitian ini dilakukan dengan cara menambahkan bubuk cangkang telur ke dalam sejenis campuran hydrogen. Karena ada kandungan kalsium yang tinggi, campuran ini pun langsung mengeraas dan membentuk sel-sel tulang yang baru.

Keberadaan sel tulang baru inilah yang kemudian bisa dicangkokkan pada tulang yang patah. Hal ini disebut-sebut akan membuat proses penyembuhan patah tulang menjadi lebih cepat.

Hanya saja, alih-alih dicangkokkan pada tulang yang patah atau rusak, di Indonesia, besar kemungkinan penggunaan cangkang telur lebih menjadi suplemen kalsium yang dikonsumsi oleh penderita patah tulang. Dengan menyediakan asupan kalsium yang tinggi, diharapkan tulang bisa segera sembuh.

Kita bisa membuat sendiri suplemen cangkang telur?

Meskipun semua cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang tinggi, bukan berarti kita tinggal mengumpulkan cangkang telur dan kemudian menjadikannya bubuk yang langsung dikonsumsi demi mengatasi masalah patah tulang.

Pakar kesehatan menyebut cangkang telur tidak boleh asal langsung dikonsumsi. Pastikan bahwa cangkang ini telah disterilisasi terlebih dahulu karena jika tidak, bisa jadi di dalam cangkang ini masih ada bakteri salmonella. Jika sampai bakteri ini masuk ke dalam tubuh, tentu akan memicu dampak kesehatan seperti sakit perut atau infeksi pada saluran pencernaan lainnya.

Meskipun begitu, kita juga tidak perlu repot-repot untuk membuat suplemen cangkang telur sendiri. Dalam realitanya, sudah ada suplemen cangkang telur atau suplemen kalsium yang beredar di pasaran.

Pastikan untuk mengonsumsi suplemen yang sudah terdaftar atau memiliki izin edar oleh BPOM. Jika belum memiliki izin edar, dikhawatirkan proses pembuatannya masih kurang higienis dan bisa membuat kita terpapar bakteri berbahaya.

Jangan hanya mengandalkan cangkang telur

Pastikan untuk menerapkan pola makan yang sehat, bukannya mengandalkan cangkang telur saja demi mempercepat penyembuhan patah tulang. Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter demi mendapatkan saran yang tepat agar bisa membuat masalah patah tulang bisa segera sembuh.