Super, Ini 3 Pilihan Camilan Sederhana yang Mengenyangkan & Tetap Sehat

Bahan-tambahan-kue-kering-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Phoebe

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk orang yang suka ngemil? Jika iya, biasanya apa jenis camilan yang paling sering Anda konsumsi? Ya, memang ada berbagai jenis camilan yang tersedia dan mudah diperoleh.

Sebut saja camilan tradisional, camilan kekinian yang sering viral atau berbagai camilan minuman manis menyegarka misalnya es krim, es buah atau puding.

Mengonsumsi camilan dalam porsi dan jenis yang tepat tentu merupakan kebiasaan yang baik karena dapat memenuhi kebutuhan gizi harian dan mampu mengontrol kadar gula darah.

doktersehat-dessert-makanan-penutup
Photo Credit: Flickr.com/Amy the Nurse

Selain itu, salah satu manfaat utama mengonsumsi camilan adalah kita bisa lebih mengontrol nafsu makan, hal ini merupakan manfaat yang super namun hanya akan bisa kita dapatkan jika mengonsumsi camilan yang mengenyangkan.

Lantas, bagaimana sih cara memilih camilan yang mengenyangkan?

Tips memilih camilan yang mengenyangkan

Seperti yang sudah disebutkan, pemilihan camilan yang tepat akan memberikan manfaat diantaranya adalah pemenuhan kebutuhan gizi yang optimal, serta mampu memberikan manfaat berupa kontrol pada asupan gula darah dan nafsu makan.

Hal ini tidak hanya disebabkan karena jeda waktu makan yang lebih singkat, namun juga karena pemilihan makanan yang mengenyangkan.

doktersehat-porsi-camilan
Photo Credit: Flickr.com/Yoppy

Makanan camilan yang mengenyangkan adalah camilan yang mengandung banyak energi, bisa diperoleh dari asupan karbohidrat dan dilengkapi dengan serat.

Kombinasi camilan yang mengandung dua jenis zat gizi tersebut merupakan kombinasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mengontrol kadar nilai darah dalam tubuh.

Lantas, apa saja pilihan camilan sederhana yang mampu mengenyangkan namun tetap sehat?

Camilan dengan kandungan karbohidrat dan serat umum kita temukan pada camilan olahan buatan sendiri, atau yang cukup mudah adalah camilan atau jajanan tradisional.

Beberapa contoh diantaranya adalah:

1. Roti gandum dengan potongan buah segar atau selai buah alami

Pilihan camilan sederhana yang bisa dengan mudah Anda buat dan peroleh adalah roti dengan tambahan buah. Hal ini bisa memberikan asupan karbohidrat dan serat yang sederhana dan mudah dibuat.

Roti gandum mampu memberikan asupan serat yang lebih tinggi sehingga bisa memberi asupan energi dan rasa kenyang lebih lama.

doktersehat-roti-ketimun-tomat
Highways Agencys Images are protected by copyright. This Image cannot be used without a license agreement. You must comply with the license applicable to the reproduction of this Image. Terms and Conditions at www.photos.highways.gov.uk

Sedangkan buah juga memiliki kandungan serat dan dilengkapi dengan vitamin dan cairan yang baik untuk tubuh.

Jika memilih selai buah, usahakan pilih selai buah yang alami yang rendah penggunaan gula buatan, buat selai dari buah yang matang sehingga rasa manis diperoleh dari gula alami.

2. Jajanan tradisional dari tepung terigu dan buah atau sayur

Anda penggemar jajanan pasar tradisional? Jika ya, maka Anda bisa memanfaatkan kegemaran Anda akan jajanan tradisional sebagai pilihan camilan sederhana yang mengenyangkan.

doktersehat-jajanan-puasaPilih camilan dengan komposisi karbohidrat dan buah, misalnya jajan nagasari, kue lumpur dengan potongan kelapa utuh, atau lumpia basah dengan isi sayuran segar.

Kombinasi ini merupakan kombinasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan camilan yang sehat dan mengenyangkan.

Selain itu, camilan tradisional juga mudah diperoleh dan super nikmat, bukan? Agar pilihan Anda tetap sehat, usahakan memilih jajanan tradisional yang tidak menggunakan metode goreng, ya.

3. Kue kering dengan isi kacang-kacangan atau buah

Jika biasanya Anda kerap memilih camilan kue kering dari cokelat manis dengan tambahan permen atau gula di dalamnya.

kue_kering_lebaran_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ neilconway

Maka kini beralihlah memilih camilan kue kering yang menggunakan tambahan bahan tinggi serat yaitu buah kering, oatmeal atau kacang-kacangan.

Hal ini juga merupakan salah satu kombinasi camilan sederhana yang mengenyangkan karena mengandung zat gizi karbohidrat dan serat.

Anda tetap bisa memilih kue kering cokelat, namun agar lebih sehat, usahakan menggunakan cokelat jenis dark chocolate dan batasi penggunaan gulanya, ya.