7 Pilihan Camilan untuk Penderita Diabetes (Sehat & Aman)

telur-rebus-untuk-diabetes-doktersehat.
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Penderita diabetes tidak bisa sembarangan makan. Kalau tidak dikontrol, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada tubuh seperti peningkatan gula darah yang berlebihan. Oleh karena itu, perlu selektif dalam memilih makanan atau camilan untuk penderita diabetes.

Pilihan camilan untuk penderita diabetes yang sehat

Diet yang dijalani penderita diabetes memiliki banyak batasan, namun kebiasaan makan tetap sama. Selanjutnya, camilan malam juga bisa dikonsumsi untuk memberikan efek besar pada gula darah.

Berikut ini beberapa pilihan camilan untuk penderita diabetes yang sehat dan aman dikonsumsi malam hari:

  1. Kacang-kacangan

Seseorang dengan kondisi diabetes masih bisa mengonsumsi aneka jenis kacang seperti kacang tanah, walnut, atau almond. Kacang jenis ini memberikan sumber mineral, vitamin, dan tentu saja lemak sehat yang menjadi sumber energi.

Karena kacang masih memiliki kandungan karbohidrat. Pengonsumsian tetap harus dibatasi agar tidak menimbulkan masalah. Dalam satu hari maksimal hanya boleh mengonsumsi satu genggaman tangan saja.

  1. Telur rebus

Manfaat telur rebus cukup banyak untuk tubuh, seperti menghasilkan banyak sekali energi di setiap butirnya.

Anda bisa mengonsumsi sekitar 2 butir telur rebus yang matang sempurna ditambah dengan beberapa keping cracker yang tidak memiliki rasa manis atau rasanya hanya asin saja. Dua kombo ini akan memberikan rasa kenyang tanpa memberikan suplai karbohidrat yang banyak.

  1. Salad sayur dan buah

Beberapa jenis salad sayuran dan buah juga bisa digunakan sebagai camilan atau pengganjal perut sebelum tidur. Sayuran dan buah memiliki kandungan karbohidrat yang sedikit, selain itu serat yang tinggi jua baik untuk saluran pencernaan sehingga kondisi sembelit bisa dicegah.

  1. Popcorn

Popcorn yang diproduksi dengan cara dipanaskan saja tanpa ada tambahan pemanis atau terlalu banyak margarin bisa dikonsumsi oleh mereka yang mengalami diabetes. Popcorn mengandung cukup banyak nutrisi seperti vitamin, mineral dan serat. Karbohidrat tetap ada pada makanan ini meski jumlahnya tidak banyak.

  1. Sayuran rendah kalori

Berbagai jenis sayuran sebenarnya bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, beberapa jenis sayuran yang mengandung cukup banyak gluten atau karbohidrat harus dihindari. Cara terbaik untuk mengonsumsi sayuran adalah dengan direbus atau dimakan mentah kalau memang menyukainya.

  1. Yogurt tawar

Yogurt adalah olahan susu juga bisa dikonsumsi kalau Anda menderita diabetes. Minuman dengan cita rasa asam ini memberikan banyak suplai protein dan juga probiotik yang baik untuk pencernaan. Seperti yang kita tahu, tubuh membutuhkan probiotik agar saluran cerna tidak mengalami gangguan.

  1. Biji-bijian

Camilan terakhir yang bisa dikonsumsi kalau sedang mengalami diabetes adalah aneka biji-bijian. Berbagai varian biji seperti biji bunga matahari hingga biji labu mengandung mineral yang banyak, vitamin, hingga lemak sehat yang bermanfaat untuk tubuh.

Meski bermanfaat untuk tubuh. Ada baiknya untuk tidak mengonsumsi biji terlalu banyak. Tetap batasi konsumsinya setiap hari agar tubuh tidak mengalaminya kelebihan kalori.

Itulah beberapa ulasan tentang jenis-jenis camilan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes sebelum tidur. Dengan mengonsumsi itu, kita akan memberikan suplai nutrisi sehingga pada dini hari gula darah tidak anjlok cukup signifikan dan memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes.

Perubahan gula darah di dalam tubuh

Seseorang akan mengalami perubahan gula darah yang drastis pada dua waktu dalam satu hari. Perubahan pertama akan membuat gula darah mengalami peningkatan yang sangat besar. Selanjutnya ada waktu saat gula darah sangat anjlok meski berlangsung sementara saja.

  • Fenomena pagi. Setiap hari pada pukul 03.00 hingga 08.00, gula darah di tubuh akan mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Kenaikan ini menyebabkan banyak sekali gangguan dan memicu kondisi diabetes kambuh.
  • Efek Somogyi. Satu jam sebelum terjadi kenaikan yang cukup signifikan, gula darah di dalam tubuh akan anjlok mulai pukul 02.00-03.00. Penurunan ini akan berpengaruh pada tubuh seperti rendahnya energi yang dimiliki.

mengonsumsi camilan pada malam hari akan membuat tubuh memiliki cadangan energi atau memiliki gula darah yang cukup stabil. Saat tubuh melakukan mekanisme penurun gula darah yang berlebihan, tubuh tidak akan terdampak terlalu banyak.

Rekomendasi kandungan nutrisi camilan

Camilan yang dikonsumsi oleh seseorang sebenarnya harus disesuaikan dengan preferensi yang dimiliki dan tujuan yang dibuat. Selanjutnya menu yang bisa dimakan juga disesuaikan dengan respons tubuh pada peningkatan fenomena gula darah dan efek Somogyi yang dimiliki.

Biasanya setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada yang diabetesnya cukup parah dan ada juga yang tidak. Anda bisa menanyakan makanan apa saja yang bisa dimakan dengan baik sesuai dengan kondisi tubuh.

Meski setiap orang memiliki jenis makanan yang berbeda-beda, secara umum makanan yang bisa dikonsumsi memiliki kriteria di bawah ini.

  • Tidak mengandung karbohidrat tinggi khususnya karbohidrat sederhana seperti nasi putih, gula, atau apa pun yang manis.
  • Makanan dengan kandungan protein tinggi. Makanan ini bisa nabati atau hewani asal tidak mengandung lemak tidak sehat.
  • Makanan dengan kandungan lemak sehat. Lemak sehat ada banyak jenisnya dan cenderung tidak berasal dari sumber hewani.