7 Camilan Sehat yang Bagus untuk Kesuburan Pria

camilan-untuk-sperma-doktersehat

DokterSehat.Com – Kasus kemandulan tidak hanya terjadi pada wanita, pria juga bisa mengalami kemandulan akibat kualitas spermanya yang menurun. Penurunan kualitas sperma ini membuat pembuahan susah sekali terjadi. Sel sperma tidak bisa menjangkau sel telur karena sudah mati selama perjalanan ke tuba falopi.

Cara Mengatasi Masalah Sperma

Cara terbaik untuk mengatasi masalah kemandulan, pria disarankan untuk meningkatkan semua aspek kriteria sehat pada sperma. Kalau aspek ini bisa dinaikkan, sperma bisa sehat dan pembuahan yang diharapkan oleh pasangan bisa berjalan dengan lebih cepat dan mudah.

Menaikkan kualitas sperma yang dikeluarkan oleh pria tidaklah mudah. Ada beberapa cara yang harus dilakukan pria. Pertama mereka harus mulai mengurangi kadar lemak di tubuhnya kalau mengalami obesitas. Selain itu, pria juga disarankan untuk berolahraga secara rutin.

Selain olahraga dan menurunkan kadar lemak, pria juga harus memperhatikan apa yang masuk ke dalam mulutnya. Diet harus dijalankan dengan tepat setiap hari. Terakhir, pria juga diharapkan ngemil makanan yang bisa menunjang kualitas sperma dengan cepat.

Camilan Sehat untuk Kesuburan Pria

Cemilan sehat yang bisa digunakan untuk menyuburkan pria dan meningkatkan kualitas sperma ada banyak. Anda bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi makanan di bawah ini.

  1. Semangka

Semangka bisa Anda santap untuk meningkatkan kesehatan dari sperma. Buah yang kaya air ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat selain mencegah dehidrasi adalah mengandung antioksidan yang cukup kuat. Kandungan antioksidan bernama likopen itu bisa menjaga tubuh dari radikal bebas.

Dengan antioksidan yang cukup besar dan melimpah, kondisi sakit dan gangguan kesehatan lain tidak akan terjadi. Selain itu kemungkinan masuknya radikal bebas yang bisa mengganggu produksi sperma juga bisa diturunkan. Pria akan selalu menghasilkan sperma terbaik yang membuat mereka semakin subur.

  1. Pisang

Kandungan dari pisang yang membuat pria bisa semakin subur dan memiliki sperma yang berkualitas ada dua. Kandungan pertama itu adalah enzim bromelin. Enzim ini bekerja sebagai agen anti peradangan pada tubuh. Pada sperma, enzim ini akan membuatnya semakin kuat dan mampu bergerak dengan lebih gesit lagi.

Kandungan kedua dari pisang yang sangat bermanfaat adalah vitamin A, B1, dan C. Ketiga vitamin ini bermanfaat untuk menjaga testis dari pria. Peradangan pada testis atau gangguan lainnya bisa dihindari sehingga pria bisa lebih sehat dan produksi sperma yang berjalan selama 2-3 hari bisa berjalan dengan lebih lancar.

  1. Cokelat

Cokelat hitam mampu meningkatkan kualitas sperma dalam hal jumlah. Mengonsumsi cokelat secara rutin bisa meningkatkan volume air mani dan sperma secara cepat sehingga kesuburan pria bisa meningkat. Selain itu, sperma juga dipercaya tingkatkan kemampuan seks dan orgasme.

Karena cokelat yang ada di pasaran ada banyak jenisnya dan sebagian besar manis, ada baiknya untuk memilih yang tepat. Kalau cokelat yang Anda konsumsi justru yang terlalu manis, manfaat dari makanan ini tidak maksimal dan tubuh mudah mengalami obesitas.

  1. Telur

Pergerakan dari sperma yang sempurna atau motilitas juga indikator kualitas. Kalau 50 persen total sperma per ejakulasi bisa bergerak dengan gesit, kesempatan terjadi pembuahan akan sangat tinggi. Selain itu, ada kemungkinan pembuahan berjalan dengan cepat dan sperma tidak mati di tengah jalan karena tidak mampu menjangkau leher lahir dan berlanjut ke rahim.

Telur mengandung cukup banyak protein yang bermanfaat untuk sumber tenaga. Sperma akan memiliki banyak bahan bakar untuk bergerak dan motilitasnya tinggi. Kalau sperma memiliki pergerakan gesit serta bentuknya utuh dan sempurna, kemandulan akan menurun dan pria bisa dengan mudah melakukan pembuahan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas sperma terdiri dari kenari, hazelnut, dan almond. Kacang jenis ini mengandung omega 3, protein, dan antioksidan yang baik untuk memperbaiki tiga kriteria sperma berkualitas. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari secara rutin.

Setelah pengonsumsian kacang-kacangan, sperma yang dihasilkan pria bisa banyak dan lebih dari 20 juta sel per mililiter. Sperma dengan pergerakan cepat lebih dari separuh, dan bentuknya sempurna mulai dari kepala hingga ekor. Peningkatan kualitas sperma ini bisa terjadi setelah pria mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak segenggam selama 2 minggu.

  1. Jeruk dan Olahannya

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan sperma agar sempurna dan juga melindungi sel dari kerusakan. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi juga mampu meningkatkan jumlah dari sperma yang ikut keluar saat pria mengalami ejakulasi.

Kalau pria ingin mengatasi masalah sperma yang buruk, ada baiknya untuk banyak mengonsumsi buah-buahan khususnya jeruk. Kandungan vitamin C dan antioksidan dari buah cukup banyak dan menunjang kualitas sperma.

  1. Ikan Laut

Berbagai jenis ikan laut seperti salmon dan tuna mengandung cukup banyak omega-3 yang mampu meningkatkan kualitas dari sperma khususnya dalam hal jumlah. Semakin banyak sperma yang dihasilkan oleh pria, kesempatan untuk melakukan pembuahan juga semakin besar.

Anda bisa mengonsumsi ikan laut berlemak ini seminggu 3-4 kali saja. Kombinasikan dengan beberapa makanan di atas untuk camilan agar lebih beragam dan tidak mudah mengalami kebosanan.

Demikianlah ulasan tentang cemilan sehat yang bisa meningkatkan kualitas sperma. Semoga pembahasan di atas membantu kita semua dalam mengatasi masalah kesuburan sehingga program mendapatkan keturunan bisa berjalan dengan lebih cepat.

 

 

Sumber:

  1. Web MD. What Helps With Sperm Count and Quality?. https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/guide/sperm-count. (Diakses pada 12 September 2019).
  2. Vandergriendt, Carly. 2018. Try This: 15 Foods for Strong, Healthy Sperm. https://www.healthline.com/health/mens-health/food-for-strong-sperm. (Diakses pada 12 September 2019).
  3. Huizen, Jennifer. 2017. What are the best ways to increase sperm count?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320010.php. (Diakses pada 12 September 2019).