Super, Ini 3 Camilan Tinggi Zat Besi Cocok Dipilih saat Menstruasi

diet-noom-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Camilan apa yang sering Anda konsumsi saat sedang menstruasi?

Jika Anda masih asal dalam menentukan camilan yang bisa Anda konsumsi saat menstruasi, maka sebaiknya Anda mulai memerhatikan lagi pemilihan jenisnya, ya, karena ternyata camilan yang tepat saat menstruasi juga bisa mendukung kondisi kesehatan dan asupan gizi yang optimal.

Ya, saat menstruasi, cairan tubuh dan darah yang keluar tentu berbeda dari hari biasa. Hal ini membuat risiko anemia dan dehidrasi semakin besar.

Untuk itu, selain dari pemilihan makan utama yang tepat, camilan juga bisa menjadi salah satu senjata ampuh untuk mencegah terjadinya kekurangan darah dan cairan tubuh.

Lantas, camilan seperti apa yang bisa kita pilih saat mentsruasi?

Pemilihan camilan yang tepat saat menstruasi adalah camilan yang banyak mengandung zat besi dan cairan.

Hal ini penting karena zat besi menjadi salah satu zat gizi yang merupakan bahan baku untuk pembentukan sel darah, sedangkan cairan penting sebagai bahan baku hidrasi tubuh yang baik.

doktersehat masturbasi pada wanitaKedua zat gizi tersebut sebaiknya bisa dipenuhi melalui makanan utama yang kaya zat besi, suplemen zat besi jika diperlukan, serta konsumsi air putih yang cukup.

Akan tetapi, nafsu makan yang kerap berubah, dipengaruhi oleh emosi yang cenderung tidak stabil saat menstruasi, menyebabkan asupan makan harus didukung dengan konsumsi camilan yang juga tinggi zat besi dan cairan.

Lalu, apa saja sih pilihan camilan yang tepat saat menstruasi?

Beberapa contoh camilan yang tepat dipilih saat menstruasi adalah:

1. Smoothies sayuran berdaun hijau dengan susu kedelai

Pernah mencoba smoothies sayuran dengan susu kedelai? Jika belum, maka menu minuman camilan yang satu ini patut Anda coba saat menstruasi.

Jika biasanya susu sapi yang ditambahkan dalam jus atau smoothies, maka gantilah dengan susu kedelai yang kaya akan zat besi.

Hal ini akan memberikan asupan zat besi yang baik untuk tubuh, mengingat jus dari sayuran hijau, misalnya bayam, juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Anda juga akan memperoleh asupan cairan yang baik, mengingat camilan yang satu ini berbentuk minuman yang cukup tinggi kalori.

Anda boleh menambahkan pemanis alami, misalnya madu, kayu manis, atau sari buah dalam jus. Kini Anda sudah mempunyai pilihan minuman super sehat saat menstruasi, bukan?

2. Salad sayur dengan tambahan tahu dan ikan

Jika biasanya isi salad yang Anda konsumsi hanya berupa sayur atau buah saja, maka saat menstruasi, tambahkan dengan dua bahan yang kaya akan zat besi, yaitu tahu dan ikan.

makanan-awet-muda-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Kedua makanan ini cocok dikombinasikan dengan salad sayuran yang segar dan banyak memiliki cairan.

Bahan baku salad yang bisa Anda pilih adalah sayuran timun, selada, tomat, lalu tambahkan dengan tahu kukus dan ikan panggang.

Tambahkan dengan bubuk rempah alami atau dressing rendah lemak. Kini camilan Anda tidak hanya nikmat namun juga bisa mendukung tubuh tetap fit saat menstruasi, bukan?

3. Lumpia basah atau siomay isi daging sapi

Anda penggemar lumpia atau siomay? Camilan yang satu ini juga bisa menjadi pilihan yang super tepat saat menstruasi, lho.

Caranya, pilih isian daging yang berasal dari daging sapi, ya. Daging sapi, atau daging merah lainnya, merupakan bahan makanan yang paling banyak mengandung zat besi.

Anda juga bisa mengganti isi jajanan lain dengan daging sapi agar pilihan camilan Anda lebih bervarasi.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa agar manfaatnya bisa diserap maksimal, usahakan selalu pilih jajanan yang tidak digoreng, sehingga lumpia basah dan siomay kukus bisa jadi pilihan yang tepat, bukan?