Terbit: 9 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet adalah sebuah cara menurunkan berat badan yang dilakukan dengan membatasi atau mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Maka tak heran, ketika sedang diet, biasanya seseorang akan mengganti makanan pokok dengan jenis makanan ringan lainnya karena dianggap lebih aman dan bisa mengontrol berat badan.

Bukannya Buat Kenyang, 4 Makanan ini Justru Buat Anda Semakin Lapar!

Namun, tidak sedikit pula yang salah dalam memilih makanan pengganti. Pasalnya, ada beberapa makanan yang dianggap bisa menurunkan berat badan, padahal justru sebaliknya. Hal itu dikarenakan Dengan anggapan yang tidak tepat tersebut, tentu saja tubuh akan menjadi semakin melar dan program diet menjadi gagal.

Agar lebih jelas, berikut adalah 4 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diet karena bisa menambah berat badan.

1. Mie Instan

Sampai saat ini, banyak orang yang mengganti nasi dengan mie instan dengan dalih bisa menekan kalori dan lemak. Padahal, mie instan hanya akan membuat nafsu makan membludak. Pasalnya, mie instan tidak bisa memberikan efek kenyang yang lama. Hal tersebut dikarenakan mie instan memiliki kandungan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk metabolisme tubuh.

2. Roti Tawar

Roti tawar biasanya digunakan sebagai pengganti nasi saat sarapan atau makan pagi. Banyak yang beranggapan bahwa roti tawar bisa memberikan energi untuk menekan rasa lapar. Padahal, kandungan karbohidrat dan gula olahan pada roti tawar bisa melepas insulin yang membuat Anda menjadi lebih cepat lapar.

3. Jus Manis

Jus memang sangat baik dikonsumsi saat sedang diet. Tapi, jus yang dikonsumsi harus jus tawar alias tanpa bahan pemanis, seperti gula. Sebab, jus dengan tambahan gula akan menarik resisten cairan di dalam tubuh Anda sehingga Anda menjadi lebih mudah lapar.

4. Biskuit

Makanan yang diolah dari tepung seperti biskuit memang sering menjadi pilihan utama sebagai pengganjal rasa lapar. Biasanya, dalam mengonsumsi biskuit selalu ditemain dengan secangkir teh. Padahal, mengonsumsi biskuit hanya memberikan efek kenyang yang sementara, tidak lebih dari satu jam. Alangkah baiknya untuk tidak mengganjal perut dengan biskuit saat sedang lapar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi