Sering Dipilih, 3 Camilan Ini Ternyata Sebaiknya Tak Dikonsumsi di Pagi Hari

DokterSehat.Com– Apa camilan yang paling sering Anda konsumsi di pagi hari? Ngemil di pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum sarapan memang menjadi kebiasaan banyak orang, ya.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak camilan yang khas tersaji di pagi hari yang dikonsumsi bersamaan dengan minuman khas di pagi hari.

Hal ini tentu bisa menjadi kebiasaan yang baik, asalkan pemilihan jenis dan porsi camilan dipilih dengan tepat.

Mengapa memilih camilan pagi hari harus dilakukan dengan tepat?

Pemilihan camilan di pagi hari tidak boleh dilakukan dengan asal, hal ini disebabkan beberapa hal diantaranya:

  • Kondisi pencernaan tubuh yang masih kosong pasca baru bangun tidur
    Gangguan pencernaan saat baru bangun tidur kerap terjadi, apalagi dipicu dengan pemilihan makanan yang asal. Hal ini disebabkan kondisi pencernaan yang masih kosong dan cenderung sensitif. Untuk itu, camilan di pagi hari harus dipilih dengan tepat.
  • Pemilihan camilan yang asal bisa memengaruhi asupan makan utama atau sarapan
    Memilih camilan yang tidak tepat, misalnya camilan yang banyak mengandung lemak, gula, atau natrium, bisa memengaruhi nafsu makan saat sarapan. Pemilihan makanan tersebut bisa membuat pilihan makanan saat sarapan menjadi tidak sehat. Selain itu, pemilihan camilan yang kurang tepat bisa jadi menyebabkan nafsu makan justru menurun.
  • Dapat menyebabkan gangguan pencernaan
    Kondisi pencernaan yang sedang sensitif dan pilihan camilan yang tidak sehat tentu bisa menyebabkan gangguan pencernaan di awal hari, misalnya kondisi perut kembung, diare, hingga produksi asam lambung yang berlebihan.

Lantas, apa saja pilihan camilan yang sebaiknya tidak dikonsumsi di pagi hari?

Berikut beberapa pilihan camilan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi di pagi hari karena dapat menyebabkan 3 hal di atas:

1. Gorengan

Apa Anda sering mengonsumsi gorengan di pagi hari? Meskipun enak dan seakan menjadi kebiasaan, sayangnya hal ini justru tidak tepat dilakukan, lho.

Ya, gorengan, atau jajanan yang diolah dengan banyak lemak atau santan lainnya, merupakan makanan berlemak yang bisa mengganggu pencernaan hingga memperlambat metabolisme tubuh di awal hari.

2. Salad dari sayur atau buah yang bergas

Mengonsumsi salad dari buah atau sayur di pagi hari memang sehat, namun jika bahan baku yang dipilih adalah sayur atau buah yang bergas, maka tentu hal ini bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan, berupa munculnya rasa kembung atau begah. Untuk itu, pilih buah atau sayur pada sajian salad di pagi hari Anda dari bahan baku yang tidak bergas, ya.

3. Camilan yang bersifat asam atau pedas

Coba perhatikan, apakah camilan yang Anda konsumsi di pagi hari memiliki rasa atau disajikan dengan bahan atau saus yang asam atau pedas?

Beberapa camilan yang memiliki rasa asam, baik camilan yang dibumbu dengan asam atau berasal dari bahan baku asam, misalnya buah jeruk, tentu bisa memberikan gangguan pencernaan berupa produksi asam lambung yang meningkat.

Pun sama dengan makanan yang dibumbu pedas atau dikonsumsi bersama dengan cabai yang juga bisa menyebabkan asam lambung diproduksi berlebih.

Nah, itu dia 3 jenis camilan yang harus Anda hindari saat pagi hari.

Menghindari camilan tersebut akan membuat kebiasaan ngemil pagi hari Anda tetap sehat dan bermanfaat, serta tidak mengganggu kondisi pencernaan dan kesehatan tubuh secara umum. Jadi, kini hindari 3 pilihan camilan di atas saat sedang pagi hari, ya.