Lapar saat Baru Bangun Tidur, Ini 3 Camilan Sederhana & Sehat di Pagi Hari

doktersehat makanan manis
Photo credit: Pexels by Ash

DokterSehat.Com– Camilan apa yang biasanya Anda konsumsi di pagi hari? Ya, umumnya mengonsumsi camilan saat baru bangun tidur menjadi kebiasaan banyak orang untuk memulai hari.

Hal ini tentu wajar dan boleh dilakukan, mengingat nafsu makan kita sedang tinggi saat pagi hari. Akan tetapi, sudahkah Anda memilih camilan pagi hari yang sehat?

Tips memilih camilan pagi hari yang sehat

Jika Anda mengganggap bahwa memilih camilan di pagi hari boleh dilakukan dengan asal, maka kini jangan lagi memilih camilan dengan sembarangan, mengapa?

Saat pagi hari, umumnya energi dan zat gizi dalam tubuh sedang kosong, hal disebabkan keduanya digunakan tubuh untuk bermetabolisme saat tidur lebih dari 7-8 jam.

burger-junk-food-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

Sehingga, sangat wajar jika kita menjadi merasa lapar, atau craving akan makanan tertentu, saat baru bangun tidur.

Sayangnya, jika rasa craving ini tidak dikontrol, maka bisa jadi makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang tinggi kalori, gula, dan lemak saja.

Kondisi ini tentu kurang tepat dipilih, apalagi makanan yang banyak mengandung gula dan lemak haruslah dibatasi asupan hariannya dalam tubuh.

Untuk itu, camilan pagi hari yang sehat adalah camilan yang mengandung:

  • Serat
  • Gula alami
  • Karbohidrat kompleks, diutamakan whole grain

Ketiga kombinasi tersebut, merupakan zat gizi yang penting untuk menggantikan energi dan zat gizi yang hilang di awal hari.

Selain itu, dengan pilihan yang tepat, Anda bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh dengan asupan tiga zat gizi penting tersebut.

Lantas, apa saja sih pilihan camilan sehat yang bisa kita konsumsi pada pagi hari?

Berikut beberapa pilihan camilan yang bisa Anda konsumsi saat pagi hari:

1. Olahan dari buah, misalnya apel panggang atau pisang bakar

Camilan sehat tentu saja terbuat dari buah-buahan alami, ya. Jika biasanya buah hanya diolah sebagai jus saat pagi hari, maka kini sajikan buah sebagai camilan sehat dengan membuatnya menjadi tak kalah enak dengan camilan pagi hari lainnya.

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obatMembuat apel panggang dengan taburan kayu manis, atau pisang bakar dengan madu atau sari kurma secukupnya, bisa jadi pilihan yang super sehat.

Tidak hanya kaya kandungan serat dan gula alami, pilihan camilan ini juga nikmat dikonsumsi dengan minuman hangat. Tentu kombinasi yang membuat tubuh jadi semakin semangat memulai hari, bukan?

2. Wafel atau pancake tepung gandum dengan gula alami dan potongan buah

Anda penggemar jajanan yang khas di pagi hari ini? Jika iya, maka Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu pilihan camilan sehat pagi hari.

doktersehat-makan-pancakeAgar semakin sehat, pilih tepung dari gandum utuh, yang tinggi serat, untuk membatnya, serta batasi porsinya, ya.

Ingat bahwa yang Anda konsumsi adalah camilan untuk memuaskan keinginan makan pagi hari. Camilan yang satu ini cukup tinggi karbohidrat jadi tetap kontrol porsi asupan karbohidrat Anda dengan saat sarapan.

Agar lebih sehat, tambahkan potongan buah yang manis, misalnya pisang setelah memberikan pemanis alami dari sari buah atau sari kurma, ya.

3. Biskuit gandum dengan selai buah atau kacang

Pilihan camilan yang lebih praktis ini tentu juga cocok dikonsumsi sebagai camilan teman minum teh atau kopi di pagi hari, ya.

Pilih biskuit yang lebih banyak mengandung serat, yaitu biskuit dari gandum utuh.

Tambahkan selai buah alami, atau selai kacang, untuk menambah asupan gula alami dan serat. Sama seperti poin nomor dua, batasi porsi biskuit agar asupan karbohidrat Anda bisa terkontrol dengan saat sarapan, ya.