Terbit: 10 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda masih merasa lapar setelah makan siang? Ya, ditengah padatanya aktivitas di tengah hari, masih merasa lapar setelah lewat beberapa jam makan siang, tentu merupakan hal yang wajar.

Tak Bikin Gemuk, Ini 4 Camilan Sehat setelah Makan Siang!

Penggunaan energi yang besar untuk beraktivitas memang sangat wajar membuat tubuh menjadi merasa lapar. Akan tetapi, ngemil setelah makan biasanya dianggap sebagai salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan tubuh gemuk.

Padahal, jika dipilih dengan tepat, mengonsumsi camilan setelah makan siang tidak akan menyebabkan gemuk dan justru bermanfaat untuk tubuh, lho.

Penasaran apa saja camilan sehat yang bisa dikonsumsi setelah makan siang? Berikut 4 pilihannya:

1. Biskuit dari gandum utuh dengan keju rendah lemak

biskuit_doktersehat_2

Photo Source: Flickr/j-k-mitchell

Ngemil yang tetap praktis, sehat dan mengenyangkan, bisa Anda pilih dengan memilih biskuit dari gandum utuh yang dikonsumsi bersama potongan atau lelehan keju rendah lemak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Anda akan memperoleh asupan karbohidrat kompleks, serat, dan protein, yang ketiganya baik untuk memberikan asupan gizi agar tubuh tetap bersemangat di tengah aktivitas yang padat. Anda tidak perlu khawatir berat badan naik, karena sajian camilan ini tentu rendah lemak.

2. Yoghurt dengan potongan buah segar

doktersehat yoghurt

photo credit: pexels

Ingin camilan yang super sehat untuk tubuh? Pilih saja yoghurt dengan tambahan potongan buah segar. Yoghurt memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan, sedangkan potongan buah segar memiliki kandungan vitamin dan mineral yang padat.

Agar tidak bikin gemuk, hindari memilih yoghurt yang memiliki banyak kandungan lemak atau tambahan rasa buah. Pilih yoghurt yang rendah lemak dan tanpa rasa, atau memilih jenis yoghurt greek.

Anda bisa menyimpannya di kulkas terlebih dahulu, agar camilan yang satu ini, tidak hanya sehat namun juga super menyegarkan.

3. Kacang-kacangan, misalnya kacang edamame rebus

doktersehat-manfaat-edamame

Photo Credit: Flickr.com/Melissa Doroquez

Ingin ngemil sehat tanpa takut gemuk? Pilih saja kacang-kacangan untuk camilan Anda. Anda bisa memilh berbagai jenis kacang, mulai dari kacang tanah, kacang almond, atau kacang edamame. Kandungan serat yang tinggi pada kacang bisa memberikan rasa kenyang yang cukup awet hingga makan malam tiba.

Agar tidak gemuk, sajikan kacang dengan metode yang rendah lemak. Kacang rebus atau panggang bisa jadi pilihan yang tepat.

Batasi pula porsi konsumsi kacang tidak lebih dari satu porsi atau paling banyak 4-5 sendok makan kacang dalam satu kali wakru makan camilan.

4. Apel panggang atau pisang bakar

kulit-pisang-untuk-jerawat-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com

Menu olahan dari buah-buahan ini tentu super nikmat untuk dikonsumsi di siang atau sore hari, ya. Selain tidak membuat gemuk, sajian buah yang di panggang atau dibakar ini juga tetap kaya akan kandungan vitamin, mineral dan serat.

Agar tetap nikmat, Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis, sedikit madu, atau bubuk kokoa sebagai topping camilan.

Jangan menambahkan bahan makanan tambahan yang banyak mengandung gula, seperti krimer kental manis, meses atau es krim, ya.

Nah, itu dia 4 jenis camilan sehat yang bisa Anda konsumsi setelah makan siang.

Tidak perlu khawatir gemuk, karena mengonsumsi camilan 2-3 jam setelah makan siang juga memiliki manfaat diantaranya:

  • Menjaga kadar gula darah tubuh tetap terkontrol
  • Tubuh lebih mampu berkonsentrasi dengan baik dan tidak mudah lemas saat beraktivitas karena asupan gizi yang optimal
  • Mengurangi nafsu makan berlebihan saat makan malam, sehingga pilihan menu makan malam bisa lebih sehat dan seimbang

Kini Anda tidak perlu ragu lagi mengonsumsi camilan setelah makan siang, selama pilihan jenisnya tepat. Mengonsumsi camilan setelah makan siang juga bisa bermanfaat, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi