Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat sedang melakukan perjalanan arus balik, Anda akan sering mengalami macet dan susah berhenti untuk mencari makan. Kondisi ini akan membuat tubuh menjadi sakit karena tidak ada energi selama berjam-jam.

5 Camilan Sehat untuk Temani Arus Balik ke Kota

Agar kondisi tubuh tetap baik dan ada pada kondisi prima, gangguan seperti rasa lapar dan dehidrasi harus dihilangkan. Anda bisa membawa makanan berat seperti nasi asal bisa awet selama perjalanan atau membawa beberapa camilan sehat yang bisa digunakan untuk pengganjal perut.

Kalau Anda lebih memilih camilan karena tidak membuat perut jadi mual, coba bawa beberapa makanan di bawah ini saat arus balik.

  1. Buah-buahan

Perjalanan mudik tahun ini mungkin berjalan dengan lancar karena waktu mudiknya terbagi menjadi banyak hari. Selain itu, infrastruktur jalan tol juga sudah mulai diperbanyak sehingga perjalanan ke kampung halaman akan lebih cepat.

Sayangnya saat arus balik, volume kendaraan yang kembali akan banyak dan dalam satu waktu. Kondisi ini menyebabkan jalanan menjadi lebih macet sehingga Anda butuh ganjalan perut agar bisa menikmati perjalanan dari awal hingga akhir.

Bawalah buah-buahan yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat. Anda bisa membawa pisang yang baik untuk tubuh atau apel yang menyuplai kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tidak masalah kalau mau dimakan selama arus balik. Anda bisa membawa beberapa genggam dan meletakkannya di dalam wadah. Kadang akan memberikan suplai energi mulai dari lemak, protein, dan karbohidrat dalam jumlah yang seimbang.

Dalam satu hari Anda bisa mengonsumsi sebanyak 1-2 porsi sebagai pengganjal perut sebelum akhirnya makanan nasi dan sayur. Kalau Anda tidak suka kacang tanah , bisa ganti dengan kedelai, kacang polong, atau kacang mede. Sesuaikan dengan selera Anda, ya!

  1. Biskuit

Camilan selanjutnya yang bisa dibawa untuk perjalanan arus balik adalah biskuit yang awet dan memiliki kandungan nutrisi lengkap. Anda bisa membawa biskuit sebanyak beberapa pak untuk camilan sehat selama melakukan perjalanan arus balik yang dipenuhi dengan kemacetan.

Oh ya, biskuit yang dipilih boleh yang memiliki rasa manis atau yang asin. Semuanya bisa dimakan asal bisa membuat tubuh menjadi lebih kenyang hingga akhirnya memiliki waktu yang tepat untuk berhenti dan makanan secara lebih benar dan porsinya tepat.

  1. Roti gandum

Roti gandum bisa dibawa untuk arus balik karena cukup awet dan memiliki kandungan karbohidrat serta serat yang tinggi. Anda bisa membawa roti gandum dengan selai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau roti yang dicampur dengan beberapa bahan hingga menjadi sandwich.

Kreasikan apa yang ingin Anda bawa dengan roti gandum. Pastikan ada protein tambahan berupa sosis, ham, atau telur goreng. Selanjutnya tambah dengan sayuran seperti acar, bawang bombai, selada, dan tomat segar.

  1. Sereal instan

Kalau Anda tidak mau ribet dengan membawa beberapa camilan yang kadang tidak dimakan di jalan, lebih baik membawa sereal instan. Anda bisa membawa sereal yang bisa disedih dengan air hangat atau sereal yang bisa dimakan begitu saja tanpa tambahan apa-apa.

Sereal yang ada di pasaran biasanya mengandung cukup banyak protein, serat, dan gula. Tiga hal ini akan memberikan energi yang cukup banyak pada tubuh sehingga Anda bisa lebih kenyang selama beberapa jam ke depan sebelum menemukan rest area untuk berhenti dan beristirahat.

Inilah lima camilan sehat yang bisa Anda bawa untuk temani perjalanan arus balik. Dengan membawa camilan ini Anda tidak akan lapar selama perjalanan dan bisa sampai di rumah dalam kondisi yang fit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi