Ibu Hamil Malas Sarapan? Ini 3 Camilan Praktis Pengganti Sarapan

doktersehat-kesalahan-saat-sarapan

DokterSehat.Com– Kita tentu sepakat jika asupan makanan adalah hal vital yang harus super diperhatikan selama masa kehamilan, ya. Akan tetapi, jika ibu hamil sedang malas sarapan, bisakah asupan makannya diganti dengan camilan?

Sarapan menjadi waktu makan yang paling menantang untuk ibu hamil. Betapa tidak, saat pagi hari, sangat wajar jika ibu hamil mengalami morning sickness yang akan mengarah ke terjadinya mual muntah.

Selain itu, ibu hamil juga cenderung mengalami rasa malas atau lelah saat pagi hari.

healthy nutrition and pregnancy. pregnant woman’s belly and vegetable salad

Kondisi ini memang sebagian besar dipengaruhi oleh hormon, namun jangan sampai ibu hamil jadi mengorbankan kebutuhan gizinya saat pagi hari, ya.

Untuk itu, jika ibu hamil sedang malas sarapan, beberapa cara mengganti asupan gizinya adalah dengan mengonsumsi camilan pengganti sarapan.

Apa itu camilan pengganti sarapan?

Camilan pengganti sarapan adalah pilihan camilan yang bisa mensuplai asupan gizi awal hari ibu hamil dengan porsi yang kecil, namun padat gizi dan dikonsumsi lebih sering.

Camilan yang bisa menggantikan sarapan, tentu harus memiliki komposisi gizi yang seimbang.

doktersehat-porsi-camilan
Photo Credit: Flickr.com/Yoppy

Mirip dengan sarapan, camilan tersebut harus mengandung kabrohidrat, protein, serat, dan vitamin. Camilan yang bergizi lengkap dan seimbang akan mendukung metabolisme awal hari yang optimal.

Ibu hamil bisa memilih camilan pengganti sarapan dengan menu yang hampir sama dengan sarapan, namun dikonsumsi dalam porsi kecil dan berulang hingga 2-3 kali dengan jeda beberapa jam dan tidak membuat tubuh ibu mengalami mual.

Lantas, apa saja camilan yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk menggantikan sarapan?

Beberapa pilihan menu camilan pengganti sarapan yang bisa ibu pilih, antara lain:

1. Roti bakar dengan selai kacang atau telur rebus, dan buah atau sayuran segar

Roti bakar adalah sumber karbohidrat yang tepat untuk menekan rasa mual dan muntah.

Untuk sumber proteinnya, ibu hamil bisa memilih dari selai kacang atau telur rebus. Hindari memilih lauk dengan lemak atau yang digoreng karena akan membuat ibu merasa mual.

manfaat-roti-bakar-doktersehat
photo credit : pexels.com

Untuk asupan vitamin dan serat, ibu bisa memilih roti dari gandum utuh. Selain itu, penambahan buah potong segar diatas selai kacang atau tomat diatas telur bisa jadi pilihan yang super.

Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi kecil yaitu 1-2 lembar roti tawar dan mengonsumsi menu yang sama pada 1-2 jam berikutnya.

2. Biskuit dengan selai buah alami dan susu rendah lemak

Selain sebagai sumber karbohidrat, biskuit bisa jadi camilan yang ampuh mengusir rasa mual di pagi hari.

biskuit_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/j-k-mitchell

Pilihan yang lebih tinggi serat dan vitamin, bisa ibu pilih dengan menggunakan biskuit dari gandum utuh. Tambahkan selai dari buah segar, misalnya selai stroberi atau nanas, yang tidak menggunakan gula atau pemanis buatan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, susu rendah lemak adalah pilihan yang tepat, karena mampu mengurangi rasa mual.

Jika susu rendah lemak masih membuat mual, pilih susu dengan rasa buah namun kandungan gulanya tetap rendah.

3. Sup kaldu encer dari sayuran, isi kentang, daging ayam dan sayur

Jika kaldu kental dari daging ayam membuat ibu hamil makin mual dan tak nafsu makan di pagi hari. Maka cobalah kaldu dari sayuran misalnya wortel atau lobak.

doktersehat-tips-sup-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Chris

Kedua sayuran ini disebut memiliki cita rasa manis dan segar yang khas. Tambahkan bawang segar misalnya bawang putih atau daun bawang, namun jangan buat kuah kaldu sup jadi terlalu kental, ya.

Tambahkan kentang sebagai sumber karbohidrat, daging ayam tanpa kulit dan wortel, agar menu sup bergizi lengkap dan seimbang.