Super! Ini 5 Camilan Paling Padat Gizi untuk Ibu Hamil

doktersehat-kacang

DokterSehat.Com– Saat hamil, semua asupan makanan, tidak hanya saat makan utama atau minuman saja yang perlu diperhatikan. Akan tetapi, camilan menjadi salah satu jenis makanan yang berperan penting dalam asupan harian ibu hamil, lho.

Kerap dianggap remeh, padahal pemilihan camilan yang tepat akan mendukung asupan gizi harian ibu segera terpenuhi.

Camilan yang cenderung dikonsumsi dalam jumlah kecil, bisa membantu memenuhi kebuuhan gizi ibu hamil yang sedang meningkat, asalkan camilan yang dipilih adalah camilan yang padat gizi. Lalu, apa itu camilan yang padat gizi?

Camilan padat gizi untuk ibu hamil

Camilan yang padat gizi adalah camilan yang memiliki banyak jenis kandungan gizi, misalnya karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral dalam satu sajian camilan. Hal ini diperoleh dengan mengombinasikan beberapa jenis bahan makanan untuk menjadi satu sajian.

Pemilihan-makanan-sehat-bumil-1
Pemilihan makanan sehat ibu hamil selama kehamilan

Berbeda dengan camilan padat gizi biasa, camilan untuk ibu hamil haruslah dipilih dengan memerhatikan beberapa hal yaitu tidak menyebabkan mual muntah dan tidak berisiko menyajikan bahan makanan yang mentah.

Kondisi ini akan sangat bermanfaat mengingat nafsu makan ibu saat hamil yang kurang bisa dikontrol dan mencegah risiko kontaminasi bakteri dari makanan mentah.

Lantas apa saja sih jenis camilan yang padat gizi untuk ibu hamil?

Untuk lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak contoh camilan padat gizi untuk ibu hamil di bawah ini!

1. Bubur kacang hijau dengan susu nabati rendah lemak

Bubur kacang hijau merupakan bahan makanan yang tinggi kandungan kalori, protein nabati dan vitamin B. Hal ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu yang meningkat.

doktersehat-kacang-hijau

Jika biasanya bubur disajikan dengan santan yang tinggi lemak, usahakan ibu hamil menyajikan bubur kacang hijau dengan susu nabati yang memiliki rasa lebih gurih sehingga tidak menyebabkan mual.

2. Salad sayur dengan daging panggang atau telur

Bingung bagaimana cara meningkatkan asupan sayur pada ibu hamil? Cobalah sajikan salad sayur dengan potongan daging panggang dan telur rebus.

Sajian ini bisa ibu konsumsi dalam jumlah kecil, misalnya 6-8 sendok makan sebagai variasi camilan harian.

makanan-hamil-bergizi

Sayur padat akan vitamin, mineral, serat, dan cairan, penambahan daging panggang rendah lemak dan atau telur akan memberikan asupan protein bagi ibu hamil.

3. Roti lapis gandum dengan sayur dan daging atau kebab

Roti lapis bisa jadi pilihan camilan padat gizi jika terdiri dari roti gandum, tomat dan selada segar, serta daging unggas yang direbus atau kukus dengan tambahan bumbu.

sarapan-sandwich-doktersehat
Photo Credit: flickr/ atlnav

Perhatikan bahwa roti lapis yang dijual kerap menyajikan bahan yang setengah matang, misalnya telur. Untuk itu ibu hamil sebaiknya membuat sendiri sajian roti lapisnya.

doktersehat-porsi-camilan
Photo Credit: Flickr.com/Yoppy

Tidak harus roti lapis, sajian padat gizi mirip roti lapis, misalnya kebab juga bisa jadi pilihan yang tepat, lho.

4. Smoothies buah, sayur dan kacangan-kacangan dengan tambahan yoghurt rendah lemak

Mengonsumsi smoothies bisa jadi pilihan yang tepat karena cenderung lebih mudah dikonsumsi. Pilih jus kombinasi antara buah dan sayur, jika suka ibu bisa menambahkan kacang-kacangan.

jus-untuk-seks-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

Smoothies bayam dengan timun dan apel, atau smoothies pisang dengan selai kacang bisa jadi pilihan yang padat vitamin, mineral dan protein. Penambahan yoghurt juga bisa dipilih, asalkan pastikan yoghurtnya rendah lemak, ya.

5. Es kacang merah dengan santan encer atau susu

Mirip dengan bubur kacang hijau, es kacang merah bisa ibu pilih sebagai camilan yang padat gizi, sajikan dengan santan encer, agar asupan lemak lebih rendah, atau susu dari hewani yang memberikan variasi protein lebih lengkap.