Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa jenis camilan yang sering Anda konsumsi di malam hari? Ngemil di malam hari kerap dianggap sebagai kebiasan tidak sehat karena dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

10 Camilan Enak yang Super Sehat jika Dikonsumsi di Malam Hari

Padahal, jika dilakukan dengan cara dan dipilih jenis yang tepat, ngemil di malam hari bisa jadi super sehat dan mampu mendukung asupan gizi yang tercukupi, hingga mendukung kulitas tidur yang prima.

Tips memilih camilan yang sehat di malam hari

Memilih camilan yang sehat di malam hari sebaiknya dipilih jenis yang:

  • Padat gizi, utamanya vitamin dan mineral yang memenuhi kebutuhan gizi harian dan mampu mendukung kualitas tidur
  • Rendah kalori, agar berat badan dan metabolisme tubuh tidak bertambah dan semakin berat, dan
  • Cukup mengenyangkan ditandai dengan kandungan serat yang baik

Lantas, apa saja jenis camilan yang enak dan super sehat dikonsumsi di malam hari?

Berikut 10 jenis camilan enak yang super sehat jika dikonsumsi di malam hari:

1. Buah ceri

manfaat-ceri-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com

Buah ceri merupakan jenis buah dengan kandungan antioksidan dan zat mampu mendukung kualitas tidur dengan lebih baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Pakar kesehatan, Keri Gans, menyebutkan bahwa buah ceri adalah jenis buah yang banyak mengandung antioksidan, diantaranya beta karoten yang tinggi. Selain itu, buah ceri juga terbukti mampu mengatasi masalah insomnia atau sulit tidur.

Usahakan mengonsumsi buah ceri dalam bentuk segar, bukan kalengan atau dengan tambahan pemanis atau pewarna buatan.

2. Buah beri, misalnya blueberi, blackberi atau stroberi

Photo Credit: Flickr.com/Michael Stern

Selain buah ceri, jenis buah yang banyak mengandung antioksidan adalah buah jenis buah beri. Buah beri mengandung antioksidan tinggi dan cukup lengkap, ditandai dengan warna buah yang padat dan gelap.

Pastikan memilih buah jenis beri yang matang sempurna agar tercipta rasa manis dan menekan rasa asam yang bisa mengganggu pencernaan di malam hari.

3. Pisang

manfaat-pisang-untuk-kulit-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com

Jika buah ceri dan buah beri bukan menjadi pilihan Anda, pilih buah pisang yang padat akan kandungan magnesium dan potasium yang mampu mendukung kualitas tidur yang baik.

Anda bisa menyajikan buah pisang dalam bentuk utuh, smoothies, atau pisang bakar dengan tambahan topping rendah gula misalnya bubuk kayu manis.

4. Selai kacang

Bingung memilih camilan sehat malam hari yang super sehat? Pilih saja selai kacang! Selai kacang padat gizi, fitonutrien dan cukup mengenyangkan.

Konsumsi dengan biskuit gandum atau campurkan dengan smoothies buah dan sayur agar asupan camilan sebelum tidur Anda super sehat.

5. Biskuit gandum utuh

biskuit_doktersehat_2

Photo Source: Flickr/j-k-mitchell

Biskuit gandum utuh, selain mengenyangkan, juga memiliki kandungan zat gizi yang masih terjaga.

Anda bisa mengombinasikan biskuit gandum dengan buah beri, ceri atau pisang untuk dikonsumsi sebagai camilan di malam hari.

6. Ubi

Doktersehat - Ubi Jalar

Photo Credit: Flickr.com/Wei Zhang

Ubi merupakan sajian berkarbohidrat kompleks, tinggi serat dan padat gizi. Anda bisa menyajikan ubi rebus atau ubi panggang sebelum tidur agar kualitas tidur optimal karena konsumsi ubi baik untuk kesehatan jantung dan peredaran darah tubuh.

7. Popcorn

doktersehat-popcornIngin ngemil makanan dalam jumlah banyak yang membuat tubuh sulit berhenti mengunyah? Pilih saja popcorn!

Popcron merupakan camilan sehat dari makanan berkarbohidrat kompleks, yang bisa memberi rasa kenyang dan asupan gizi yang baik untuk tubuh. Jangan lupa selalu menyajikan popcorn dengan cara yang super sehat, ya.

8. Oatmeal

Ingin makan camilan berat saat malam hari? Oatmeal bisa jadi pilihan yang sehat dan super nikmat. Anda bisa mendapatkan asupan gizi dan serat yang masih terjaga dengan memilih oatmeal dari gandum utuh.

9. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak bisa jadi pilihan yang padat gizi dan mampu mendukung kualitas tidur yang baik dengan adanya kandungan triptofan yang bisa membuat tubuh tidur lebih nyenyak.

10. Keju rendah lemak

Selain susu rendah lemak, keju juga bisa jadi pilihan super sehat yang mengandung triptofan dan mendukung kualitas tidur dan asupan gizi yang baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi