Terbit: 5 Februari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Terkadang, kita merasa lapar di malam hari, khususnya di waktu yang dekat sebelum tidur. Padahal, kita sebelumnya sudah mengonsumsi makanan. Hal ini tentu membuat kita mengalami dilema. Jika kita makan atau ngemil, bisa jadi berat badan akan naik. Apakah tidak ada makanan yang aman untuk dikonsumsi di malam hari?

7 Camilan Ini Aman Dikonsumsi di Malam Hari

Camilan yang Aman Dikonsumsi di Malam Hari

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi di malam hari. Mengonsumsinya tidak akan mudah menyebabkan kenaikan berat badan atau masalah kesehatan lainnya.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Oatmeal

Memang, oatmeal dikenal sebagai makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, namun pakar kesehatan menyebut makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi di malam hari, khususnya jika kita merasa lapar di dekat waktu tidur. Tak hanya karena kandungan seratnya yang tinggi, kandungan di dalam oatmeal juga bisa membantu tubuh melepas hormon serotonin dan melatonin dengan lebih baik. Dampaknya bisa membuat kita tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Susu Hangat

Kita tentu sering melihat iklan susu yang menunjukkan orang yang meminumnya sebelum tidur. Banyak orang yang berpikir jika hal ini kurang baik bagi berat badan, namun pakar kesehatan justru sangat menyarankannya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan triptofan dan asam amino di dalam susu yang bisa membuat otak memproduksi serotonin. Hormon ini bisa membuat kita tidur dengan nyenyak. Selain itu, susu juga bisa mengatasi perut lapar dengan cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Keju

Sebagaimana susu, banyak orang juga takut untuk mengonsumsi keju di malam hari. Padahal, keju atau crackers bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan protein atau karbohidrat kompleks yang akan segera mengenyangkan perut yang sebelumnya lapar. Hanya saja, kita harus cermat dalam memilih keju atau crackers yang akan kita konsumsi. Cobalah crackers yang dikombinasikan dengan gandum utuh atau berupa keju yang memiliki kadar lemak yang rendah.

  1. Buah Pisang

Salah satu buah yang dikenal paling baik bagi kesehatan karena tinggi kandungan serat dan kalium ini juga sangat disarankan untuk dikonsumsi jika kita mulai merasakan lapar di malam hari, tepatnya di dekat waktu tidur. Selain mengenyangan, pisang tinggi kandungan magnesium dan potasium yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Rutin makan pisang terbukti bisa membuat pencernaan menjadi semakin sehat, mendukung program diet, dan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

  1. Ubi

Ubi seringkali dianggap sebagai camilan tradisional. Padahal, dalam realitanya, ubi juga termasuk dalam camilan yang baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan karbohidrat kompleks, potasium, dan niacin yang mendukung kesehatan pencernaan dan organ kardiovaskular.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi ubi bakar, ubi panggang, atau ubi yang dikukus demi mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal.

  1. Popcorn

Popcorn bisa dijadikan solusi untuk mengatasi rasa lapar di malam hari. Hanya saja, kita harus benar-benar cermat dalam memilih popcorn yang tepat. Jika kita memilih popcorn yang tinggi garam atau tambahan perasa, bisa jadi akan membuat kita mengonsumsi kalori dengan berlebihan.

Jika kita memilih popcorn yang tepat, maka kita akan mengonsumsi camilan tinggi serat dan rendah kalori. Mengonsumsinya bisa membuat berat badan turun.

  1. Selai Kacang

Selai kacang organik, bukannya selai kacang yang diberi bahan tambahan atau gula kurang sehat cocok untuk dikonsumsi di malam hari. Selai ini bisa mengatasi rasa lapar dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

Sumber

  1. Schuna, Carly. 2016. Healthy Foods to Eat at Night. https://www.livestrong.com/article/304762-healthy-foods-to-eat-at-night/. (Diakses pada 5 Februari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi