Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meneguk sekaleng minuman energi setelah joging atau setelah hari yang melelahkan di tempat kerja mungkin memberi Anda energi instan, tetapi apakah Anda tahu bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan bahaya serius bagi kesehatan Anda?

Minuman Energi Berbahaya! Ganti dengan 4 Cairan Alami Ini

Penelitian yang berbasis di American Heart Association telah memperingatkan bahwa minuman energi dapat mengancam kehidupan, terutama bagi mereka yang sudah memiliki tekanan darah atau masalah jantung.

Sementara menurut National Heath Institute, minuman energi dapat menyebabkan kondisi kesehatan utama, langsung dari pendarahan otak hingga masalah dengan jantung dan pembuluh darah.

Sesuai dengan NHI, minuman energi menyebabkan pasien dilarikan ke ruang gawat darurat dua kali lipat antara 2007 dan 2011, terutama orang-orang berusia di atas 40 tahun.

Jadi mengapa minuman energi sebenarnya berbahaya bagi tubuh? Minuman energi mengandung banyak kafein yang dapat menyebabkan masalah serius pada jantung, masalah aliran darah dan masalah tekanan darah.

Di antara masalah kesehatan lainnya, minuman energi juga dapat mengganggu pola tidur, menyebabkan kecemasan, berkontribusi pada masalah pencernaan, meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan dehidrasi.

Namun, alih-alih minuman berenergi berbahaya, Anda bisa meneguk 4 minuman alami yang menyehatkan, seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini:

1. Air kelapa

Air kelapa adalah salah satu minuman sehat, yang mengandung elektrolit alami dan ini membantu dalam memberi energi instan.

Tidak hanya itu, air kelapa juga sumber antioksidan yang baik, kaya nutrisi penting dan mineral yang tidak hanya membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi tetapi juga memberi energi yang dibutuhkan tubuh.

2. Buttermilk

Buttermilk pada dasarnya adalah ekstrak yang berasal dari proses pencampuran mentega. Ini rasanya asam.

Buttermilk mengandung semua nutrisi makro penting, seperti protein, karbohidrat, lipid minimal, vitamin dan enzim esensial yang membuat minuman sehat. Ini membantu dalam memberikan perasaan menyegarkan dan merupakan salah satu sumber energi terbaik.

3. Jus jeruk

Buah jeruk kaya vitamin C dan sumber serat yang baik, buah jeruh dalam bentuk jus dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyediakan tubuh dengan energi yang dibutuhkan.

Jeruk mengandung banyak nutrisi dan mineral penting lainnya yang membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menyeimbangkan tingkat kolesterol.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang membantu memberi Anda energi yang dibutuhkan setelah bekerja yang membuat Anda stres. Setelah hari yang menegangkan, Anda bisa meminum secangkir teh hijau untuk menenangkan diri.

Teh hijau mengandung polifenol yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik.

Jadi, mulai sekarang, gantilah minuman energi Anda dengan 4 minuman alami ini, Teman Sehat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi