Efektifkah Cabai dan Kunyit Atasi Asam Urat? Cek Penjelasannya

obat-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com – Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang persendian dengan gejala seperti pembengkakan, rasa nyeri, sensasi kaku, kemerahan atau bahkan sensasi hangat. Selain menggunakan obat asam urat yang diresepkan dokter, terdapat informasi yang mengatakan bahwa bahan alami seperti cabai dan kunyit yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala asam urat. Bagaimana dunia medis melihat hal ini?

Mengenal Lebih Jauh Obat Asam Urat Alami

Sebuah informasi yang beredar di masyarakat mengatakan kunyit dan cabai adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat. Bagaimana kunyit untuk asam urat
dan cabai untuk asam urat dilihat dari segi medis?

Sebelum menjelaskan mengenai obat asam urat, penyakit asam urat atau yang dikenal dikenal sebagai gout ini memang lebih sering menyerang orang tua, namun kasus asam urat di usia muda juga semakin meningkat akibat gaya hidup.

Satu hal yang pasti, serangan asam urat sangatlah mengganggu karena bisa membuat Anda tidak bisa menggerakan tubuh dengan leluasa. Selain itu, jika serangan penyakit ini muncul saat tidur malam, maka otomatis Anda tidak akan bisa tidur dengan nyenyak.

Obat asam urat alami yang diberikan kepada penderita sayangnya tidak bisa dijadikan solusi untuk mengatasi serangannya, karena memang tujuan utama dari obat asam urat  adalah mencegah gejala-gejala ini muncul. Guna mengatasi serangan itu, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti kunyit dan cabai.

Kandungan di dalam cabai dan kunyit ternyata bisa menurunkan rasa nyeri dan sensasi pembengkakan yang disebabkan oleh asam urat. Bagaimana cara pembuatannya? Anda hanya perlu menggunakan setengah sendok teh bubuk cabai rawit yang dicampurkan dengan satu sendok makan minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Oleskan campuran ini pada bagian persendian yang membengkak dan biarkan selama 20 menit hingga manfaatnya terasa.

Jika Anda ingin menggunakan kunyit karena tidak ingin mengalami sensasi terbakar dan panas dari cabai, maka Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan kunyit dengan minyak zaitun. Campuran ini tinggal dioleskan ke bagian persendian yang nyeri. Setelahnya, tutupi bagian persendian ini dengan perban atau kain agar khasiatnya bisa meresap.

Obat Asam Urat Alami Lainnya

Setelah Anda mengetahui obat asam urat alami seperti cabai dan kunyit, terdapat obat asam urat alami lain yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Cuka apel

Meski belum ada penelitian yang pasti mengenai cuka apel untuk mengobati asam urat, namun cuka apel adalah bahan yang dapat mengurangi terjadinya peradangan, sehingga mencegah timbulnya tumpukan asam urat pada sendi.

Selain mengurangai peradangan, cuka apel juga membantu menurunkan berat badan. Ketika berat badan menurun, kadar asam urat dalam tubuh akan lebih mudah menurun.

2. Kopi

Kopi adalah salah satu sumber antioksidan yang cukup besar. Asam klorogenat adalah antioksidan di dalam kopi yang dipercaya dapat menurunkan risiko asam urat. Meski begitu, klaim terhadap hal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan. Konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak dengan tujuan menurunkan kadar asam urat.

3. Jahe

Jahe mempunyai peran sebagai zat anti peradangan yang mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat yang terjadi. Zat anti peradangan itu dinamakan shogaol dan gingerols. Kedua zat ini dipercaya akan mengurangi parahnya peradangan yang timbul.

4. Konsumsi buah kaya antioksidan

Buah berwarna gelap seperti anggur, blueberry, rasberry dan blackberry sangat membantu menjaga asam urat tetap terkendali dan mengurangi jumlah serangan asam serangat asam urat.

5. Jus seledri

Seledri dipercaya bisa melindungi tubuh dari peradangan, termasuk pada bagian sendi. Hal ini karena kandungan kaya antioksidan lengkap yaitu quecetin dan asam fenolik. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dari seledri yang dibuat jus atau minum suplemen ekstrak seledri.

6. Vitamin C

Konsumsi vitamin C dalam jumlah sedang dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Namun, dosis vitamin yang terlalu banyak justru bisa meningkatkan kadar asam urat. Konsultasi ke dokter untuk mengetahui konsumsi vitamin C yang tepat.

7.Minyak ikan dan suplemen magnesium

Omega-3 pada minyak ikan sangat berguna untuk mencegah peradangan sekaligus meningkatkan kesehatan otak. Semenetara, magnesium dapat memperlambat produksi uric acid pada tubuh. Keduanya bahan tersebut sama-sama melindungi tubuh dari peradangan dan menjaga kadar asam urat di dalam tubuh.

8. Lemon

Obat asam urat lainnya yang bisa Anda gunakan adalah lemon. Selain menyediakan vitamin C yang berguna untuk meredakan sakit asam urat, lemon juga menyediakan kalium di dalamnya. Kalium sendiri digunakan untuk menjaga kadar pH darah dan urin serta menjaga kondisi ginjal.

Dengan seimbangnya kadar pH dan fungsi ginjal, hal ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Peras lemon ke dalam segelas air hangat, kemudian minumlah di pagi hari.

Nah, itulah beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda gunakan. Meski begitu, bahan-bahan alami tersebut tetap tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi obat asam urat yang sudah diberikan dokter. Obat asam urat alami itu hanya bisa membantu mengendalikan gejala yang muncul.

Walaupun obat dari dokter merupakan cara paling efektif menyembuhkan berbagai penyakit, akan tetapi jika gaya hidup tetap buruk, tentu hal itu bisa menyebabkan gejala asam urat akan terus kambuh. Oleh karenanya, perubahan pola hidup menjadi lebih sehat pada penderita asam urat harus dilakukan.

Selain itu, demi mencegah serangan asam urat kembali berulang, pastikan untuk menghindari makanan tinggi purin seperti makanan laut dan jeroan, makanan berkolesterol tinggi, dan minuman beralkohol. Jangan lupa rutin berolahraga dan cukupi kebutuhan air putih harian setiap hari.