Cabai Bisa Turunkan Kolesterol?

cabai-pedas-doktersehat
Photo Source: Twitter/Info_blora

DokterSehat.Com– Makanan pedas memang bisa membuat kita lebih lahap saat mengonsumsinya. Bahkan, telah banyak penelitian yang menghasilkan fakta bahwa mengonsumsi makanan pedas bisa membuat tubuh lebih sehat atau menurunkan berat badan. Hanya saja, jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan, apalagi jika level kepadasan yang dimakan sangatlah tinggi, bisa jadi kita akan lebih rentan terkena gangguan pencernaan.

Yang menarik adalah, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh UC Davis menghasilkan fakta bahwa kandungan capsaicin di dalam cabai bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Capsaicin mampu mengurangi rasa sakit sekaligus meningkatkan keefektifan kinerja obat dengan cara mengaktifkan reseptor tubuh.

Mengonsumsi makanan pedas yang kaya akan capsaicin juga bisa membuat sistem metabolisme tubuh meningkat. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of Wyoming, Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kandungan capsaicin di dalam cabai mampu membuat lemak yang tersimpan dalam tubuh kita menjadi lemak yang mampu dibakar menjadi energi dan membuat sistem metabolisme tubuh semakin lancar.

Yang tidak banyak orang ketahui adalah, kandungan di dalam cabai bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh. Efek dari capsaicin ini ternyata bisa mempengaruhi kesehatan pembuluh dan aliran darah.

Hanya saja, pastikan untuk mengonsumsi makanan pedas tidak bersamaan dengan gorengan, makanan yang kaya akan santan, atau makanan yang kaya akan kandungan lemak jenuh lainnya karena tentu bisa membuat manfaatnya menjadi percuma. Makanlah bersama dengan makanan sehat seperti sayur atau bersamaan dengan buah seperti saat kita makan rujak. Hal ini tentu akan membuat tubuh, khususnya organ jantung menjadi lebih sehat.