Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cabai dikenal luas sebagai bahan makanan yang pedas sehingga cocok untuk dijadikan bahan utama dari sambal. Dibalik rasanya yang pedas, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita sering mengonsumsinya.

Cabai Bisa Cegah Stroke?

Sensasi pedas dari cabai bisa membuat nafsu makan meningkat. Selain itu, cabai ternyata juga kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa cabai ternyata kaya akan kandungan fosfor dan kalsium. Yang tidak disangka adalah, kandungan kalsium dalam cabai ternyata lebih banyak dari ikan segar. Selain itu, kandungan beta karoten cabai juga 9 kali lebih banyak dari yang ada di dalam paprika hijau.

Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa cabai rawit bisa mencegah datangnya stroke. Penyakit lain yang bisa dicegah jika kita rutin mengonsumsinya adalah penyakit jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, dan impotensi. Kandungan capsaicin di dalam cabailah yang bisa membantu darah tetap dalam kondisi encer dan tidak mudah menggumpal. Hal ini bisa mencegah datangnya stroke.

Sebagai informasi, stroke adalah kondisi dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak. Otak yang tidak mendapatkan pasokan darah pun akhirnya tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang sangat dibutuhkan sel-selnya agar bisa tetap bekerja atau hidup. Jika sampai stroke terjadi, maka sel-sel di beberapa bagian otak akan mati sehingga membuat sebagian anggota tubuh tak lagi bisa berfungsi atau bahkan memicu kematian.

Stroke seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti membiarkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, tidak menerapkan pola makan yang sehat, malas berolahraga, mudah stres, merokok, hingga kurang tidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi