Manfaat Bunga Teratai dalam Merawat Kesehatan Kulit

doktersehat-teratai-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bunga merupakan salah satu jenis bahan alami yang kerap digunakan sebagai bahan unggulan dalam produk perawatan kulit mau pun kosmetik. Tidak heran jika Anda kerap menjumpai produk-produk dengan kandungan bunga mawar, melati, chamomille atau anggrek.

Selain bunga-bunga tersebut, rupanya sejumlah merk ternama justru menggunakan bunga teratai sebagai formula andalannya. Hal ini lantaran bunga teratai mengandung bahan aktif yang mampu menjaga kesehatan kulit secara optimal.

1. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Ekstrak bunga teratai rupanya merupakan sumber dari antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika produk yang dilengkapi dengan ekstrak bunga teratai dapat digunakan untuk mencegah penuaan. Hal ini disebabkan oleh antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan sel-sel kulit. Lebih lanjut, kandungan antioksidan pada bunga teratai juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang justru memperparah proses penuaan kulit.

2. Meredakan Peradangan

Kandungan lain yang terdapat pada bunga teratai adalah vitamin A. Sebagai tambahan informasi, vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang ampuh dalam meredakan peradangan pada kulit, termasuk peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Tidak heran jika sejumlah produk-produk khusus kulit berjerawat kini kerap dilengkapi dengan ekstrak bunga teratai. Sebagai tambahan informasi, penggunaan produk dengan kandungan ekstrak bunga teratai juga mempercepat proses penyembuhan kulit.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Anda yang memiliki masalah dengan produksi sebum berlebih, dapat menjajal produk dengan tambahan ekstrak bunga teratai di dalamnya. Sebagai tambahan informasi, ekstrak bunga teratai ampuh dalam menyerap kelebihan minyak sekaligus mengembalikan keseimbangan produksi minyak. Lebih lanjut, penggunaan produk dengan kandungan minyak bunga teratai juga menjaga kelembapan sekaligus keelastisitasan kulit.

Jika menilik sejumlah manfaat di atas, bisa dipastikan jika produk dengan kandungan bunga teratai sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak maupun rentan-berjerawat. Kendati demikian, fungsinya yang ampuh mencegah penuaan ternyata juga bisa digunakan untuk beragam jenis kulit.