Bunga Kamboja Pun Bisa Bikin Kamu Cantik

bunga-kamboja-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bunga kamboja tentunya sangat familiar dengan budaya kita. Jika di Bali bunga ini menjadi simbol dalam setiap upacara dan ritual, bagi kaum Muslim bunga ini justru dijadikan penanda yang ditanam di lokasi pemakaman. Namun selain fungsinya sebagai simbol, ternyata bunga kamboja juga punya berbagai manfaat dalam hal kecantikan.

Bunga kamboja sendiri memang memiliki kandungan vitamin E dan emolien yang sangat baik untuk kulit. Selain berguna sebagai relaksasi, zat tersebut juga dapat melemaskan otot dan menyehatkan kulit. Apa saja manfaat yang ada dalam bunga kamboja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain vitamin E dan emolin yang meningkatkan elastisitas kulit, bunga kamboja juga mengandung glikosia dan konstituen lain yang dapat melembabkan kulit. Selain itu, zat ini juga menenangkan kulit dan mencegah pecah-pecah dan kekeringan.

2. Mencegah Iritasi

Dalam bunga kamboja juga terdapat zat anti bakteri yang dapat mencegah iritasi. Dengan demikian, ajah akan lebih bersih serta terhindar dari jerawat dan gangguan lainnya.

3. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Kemampuan mengusir bakteri ternyata juga berimbas pada manfaat lain, seperti menyembuhkan kutirl, gatal-gatal, serta berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri.

4. Meningkatkan Kolagen

Manfaat luar biasa lain yang juga ada dalam bunga kamboja adalah meningkatkan kadar kolagen dalam kulit. Jika digunakan secara teratur pada kulit, bunga kamboja akan membantu membuat kulit tetap kenyal, serta mengurangi tanda penuaan dini.

Melihat manfaat-manfaat di atas membuat kesan mistis dalam dan menyeramkan pada bunga kamboja menjadi jauh berkurang. Jangan lagi takut bertemu bunga ini karena tanaman ini adalah salah satu ciptaan Tuhan yang sangat kaya manfaat.