Bunda, Ini Manfaat Tarian Balet Untuk Anak-anak

Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah mengenal tarian balet. Tarian yang berasal dari Italia ini mulai berkembang di Prancis dan Rusia pada abad ke-16. Tarian balet bukan hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa, namun juga oleh anak-anak. Apa saja manfaat balet bagi anak-anak?

Photo Credit: pexels.com

Manfaat balet bagi anak-anak

Balet dapat diajarkan pada anak-anak sejak usia dini. Umumnya kelas balet dibuka untuk anak berusia 4 tahun, namun kini semakin banyak kelas balet dibuka untuk anak usia 2 tahun. Bagi Anda yang ingin mengikutkan si kecil untuk balet di usia anak-anak, berikut ini manfaat les balet untuk anak:

1. Membentuk postur tubuh

Gerakan balet umumnya menuntut penari untuk berdiri tegak sehingga dapat melatih tulang punggung anak untuk tidak terbiasa bungkuk. Hal ini dapat bermanfaat untuk perkembangan tulang punggung si kecil dan membentuk postur ideal pada anak.

2. Melatih daya ingat
Saat berlatih balet, anak dituntut untuk mengingat gerakan sederhana bagi pemula. Semakin meningkat levelnya, semakin rumit gerakan tersebut. Melakukan gerakan tersebut secara rutin dapat membantu mengasah daya ingat anak yang bermanfaat hingga dewasa.

3. Melatih keseimbangan tubuh

Salah satu manfaat dari balet adalah anak akan diajarkan mengenai keseimbanagn dan koordinasi tubuh yang baik. Selain itu otot kaki anka juga akan dilatih sehingga lebih kuat dan memiliki koordinasi tubuh yang baik.

4. Membantu anak lebih fokus

Tarian balet membutuhkan konsentrasi tinggi agar tercipta harmonisasi antara gerakan dan musik yang mengiringi. tarian balet akan melatih anak untuk fokus pada satu hal. Kebiasaan ini akan membantu anak untuk lebih fokus pada pelajaran dan kegiatan sehari-hari.

5. Membentuk kepercayaan diri pada anak

Berlatih balet juga dapat menumbuhkan kepercayaan diri lho Mom. Anak akan belajar tampil di depan umum sejak dini sehingga rasa percaya diri anak dapat tumbuh secara perlahan-lahan.

Bagaimana Mom? Tidak ada salahnya lho mengikutkan anak untuk les balet sejak dini.