Bunda, Ini Manfaat Mengajak Bayi Bicara Sejak Dini

doktersehat-ibu-bayi-suara-perkembangan-otak

DokterSehat.Com– Bunda, tahukah Anda bahwa bicara pada bayi memberi banyak manfaat? Meskipun si kecil belum memahami apa yang Anda katakan dan belum bisa membahas perkataan Anda, namun berbicara pada bayi ternyata memiliki banyak manfaat.

Manfaat bicara dengan bayi sejak dini

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Washington dan University of Connecticut, ditemukan bahwa anak yang sering diajak bicara oleh orang tua memiliki kemampuan bicara lebih cepat dari balita yang lain.

Dikutip dari Mother and Baby, peneliti telah melakukan pengamatan pada 4000 pasang orang tua dan bayi. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa orang tua yang sering berbicara pada anak dengan nada yang ceria membuat anak lebih cepat menguasai kosakata baru.

Manfaat lain dari sering mengajak bayi bicara adalah dapat membuat anak merasa lebih bahagia dan orang tua akan merasa lebih dekat dengan anak. Meskipun Anda akan tampak seperti berbicara sendiri, namun mengajak anak berbicara juga dapat mengurangi stres pada orang tua.

Tips mengajak bayi berbicara

Mengajak bayi bicara dengan nada ceria bukan satu-satunya cara untuk membuat bayi lebih lancar bicara. Dilansir dari WebMD, beberapa tips mengajak bayi bicara antara lain:
1. Bicara dalam jarak dekat
Orang tua sebaiknya bicara dengan anak dalam jarak dekat sekitar 25-30 cm karena jarak pandang bayi masih terbatas.

2. Ulangi kata-kata sederhana
Saat bicara dengan anak, gunakan kata-kata sederhana seperti ‘mama’. ‘papa’, ‘susu’, ‘tidur’ dan ulangi kata-kata tersebut setiap hari dengan cerita bervariasi. Menyapa anak di saat bangun tidur dan mengantarnya tidur juga dapat membantu perkembangan kosa kata anak.

Nah Bunda, jangan ragu bicara dengan si kecil ya!