Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seafood seakan menjadi golongan makanan yang perlu mendapat perhatian khusus sebelum mengonsumsinya, bukan hanya karena kandungan gizi tertentu yang ada pada produk seafood namun juga karena seafood kerap menimbulkan masalah kesehatan seperti alergi atau peningkatan nilai profil darah. Lalu, bagaimanakah konsumsi seafood untuk ibu hamil?

Amankah Bumil Mengonsumsi Seafood?

Mayo Clinic menyebutkan bahwa konsumsi seafood pada bumil harus diperhatikan dengan tepat agar manfaatnya bisa dirasakan maksimal.

Manfaat seafood untuk bumil

Seafood menjadi penting untuk bumil utamanya manfaatnya dalam memberikan asupan protein hewani, zat besi dan zink. Selain itu seafood menjadi satu-satunya makanan yang memiliki kandungan omega 3, termasuk DHA paling baik untuk kesehatan kehamilan hingga perkembangan otak janin.
Porsi seafood untuk bumil

Maka dari itu, Food Drug Administration dan Dietary Guideline 2015-2020 menyebutkan bahwa bumil dianjurkan untuk mengonsumsi seafood dalam jumlah yang cukup banyak. Yaitu kurang lebih 3-4 porsi dalam satu minggu.

Akan tetapi porsi yang dianjurkan tersebut adalah untuk seafood jenis tertentu yaitu ikan, misalnya ikan salmon, ikan hering, ikan sarden dan ikan makarel.

Kerang, udang atau lobster juga dianjurkan karena merupakan sumber zat gizi yang penting untuk bumil. Namun konsumsinya tidak dianjurkan terlalu banyak. Batasi konsumsi seafood selain ikan paling banyak 1-2 kali dalam seminggu.

Seafood yang harus dihindari bumil

Selain jenis seafood yang dianjurkan, ada beberapa jenis seafood yang harus diwaspadai oleh bumil karena kandungan merkurinya yang tinggi. Yaitu ikan-ikan predator, misalnya ikan king makarel, hiu serta swordfish. Kandungan merkuri yang tinggi pada ikan tersebut akan membahayakan kesehatan bumil hingga tumbuh kembang janin.

Pengolahan seafood yang aman untuk bumil

Selain jenis dan porsi, satu hal yang paling penting diperhatikan bumil adalah tingkat kematangan dalam mengolah seafood.

Hal ini kerap luput pada olahan ikan yang biasanya disajikan mentah pada produk makanan jepang atau sandwich. Untuk itu selalu pastikan olahan seafood yang akan dikonsumsi bumil benar-benar matang agar terindar dari kontaminasi bakteri.

Dengan memerhatikan poin-poin penting di atas konsumsi seafood pada bumil akan memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi