Terbit: 7 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merawat kesehatan rambut dan kulit kepala ternyata merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Tidak hanya menunjang penampilan Anda. Memiliki kulit kepala dan rambut yang sehat ternyata memberikan keuntungan tersendiri. Nah, jika biasanya merawat rambut identik dengan produk-produk ternama, kini Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan bumbu-bumbu yang ada di dapur. Apa saja sih ragam bumbu dapur yang bisa digunakan?

Bumbu Dapur yang Ampuh Kembalikan Kesehatan Rambut

1. Lada Hitam

Salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut adalah lada hitam. Bumbu yang kerap memberikan rasa pedas ini berperan penting dalam menstimulasi pertumbuhan rambut. Dilansir dari laman Beauty Glimpse, lada hitam yang diaplikasikan pada kulit kepala akan melancarkan peredaran darah. Kondisi yang demikian inilah yang akan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

2. Kayu Manis

Selain menggunakan lada hitam, Anda juga dapat menggunakan kayu manis. Rempah-rempah satu ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang mengalami iritasi. Terutama yang disebabkan oleh masalah ketombe. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan kayu manis bubuk dengan beberapa sendok makan madu hingga teksturnya seperti pasta. Ramuan satu ini akan meredakan peradangan dan iritasi pada kulit kepala sekaligus menjadikan kulit kepala memiliki aroma yang menyegarkan.

3. Daun Kemangi

Daun satu ini dikenal sebagai salah satu daun yang kerap menghilangkan bau mulut dan bau badan. Siapa yang menyangka jika daun kemangi juga ampuh dalam membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Cukup dengan mengaplikasikan masker dari daun kemangi atau minyak olahan daun kemangi pada kulit kepala secara rutin akan menjadikan rambut tumbuh lebat dan semakin kuat.

Bumbu-bumbu yang ada di atas rupanya tidak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan saja. Anda juga dapat menggunakannya untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut. Kendati demikian, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi