Bumbu Dapur Ini Bisa Mengobati Kanker

DokterSehat.ComРApa yang anda pikirkan saat mendengar kata jintan hitam? Kebanyakan orang langsung dengan mantap berkata bahwa jintan adalah semacam bumbu dapur. Tak disangka, bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Erdi Malutama, Albert Gani, Bernardus Kelan, Kristin Yuliana, dan Stella Paramitha dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, ditemukan fakta bahwa jintan hitam ternyata bisa dijadikan obat alternatif bagi penyakit kanker.

Para mahasiswa dari Fakultas Farmasi ini memanfaatkan ekstrak etanol dari biji jintan hitam untuk mencari obat yang jauh lebih aman bagi para penderita kanker. Mereka memilih bumbu dapur ini karena memiliki senyawa aktif bernama timokuonin yang dipercaya bisa melawan perkembangan sel kanker. Telur ayam kampung pun kemudian digunakan sebagai obyek penelitian ini karena dianggap memiliki pembentukan pembuluh darah yang bagus dan cepat sekaligus lebih mudah untuk diamati.

Setelah mengambil ekstrak etanol dari biji jintan hitam, para mahasiswa ini kemudian memakai telur yang sudah diinduksi dengan basic fibroblast growth factor (bFGF) yang membuatnya mengalami perkembangan angiogenesis. Ekstrak etanol ini kemudian diberikan pada telur ayam tersebut dengan dosis yang sudah diperkirakan dan dicek bagaimana perkembangannya.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol dari biji jintan hitam ternyata memang berhasil menekan perkembangan angiogenesis pada telur ayam tersebut. Hal ini berarti, ada kemungkinan besar biji jintan hitam memang bisa dijadikan obat kanker.

Penelitian ini pun akan dilanjutkan dengan lebih mendalam sehingga diharapkan di masa depan bisa ditemukan obat alternatif bagi kanker dan bisa menolong lebih banyak korban dari penyakit yang mengerikan ini.