Terbit: 13 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah sering mendengar bahwa gula adalah salah satu bahan makanan yang harus kita batasi konsumsinya, bukan?

Selain Kayu Manis, 5 Bumbu Alami Ini Juga Bisa jadi Pengganti Gula

Ya, hal ini memang benar adanya. Gula merupakan salah satu dari tiga jenis makanan yang harus dibatasi asupannya dalam berbagai pedoman makanan dan gizi seimbang.

Lantas, apa kita sama sekali tidak boleh menggunakan gula sebagi bagian dari konsumsi sehari-hari?

Penggunaan bumbu atau rempah pengganti gula

Tentu saja boleh, cara paling mudah adalah dengan menggunakan bumbu yang memiliki cita rasa manis alami.

Penggunaan bumbu dengan pemanis alami memang cenderung lebih aman karena lebih bebas kalori. Selain itu, penggunaan bumbu sebagai pemanis, juga akan menambah asupan zat dan fitonutrien alami dalam tubuh, yang tidak bisa kita dapatkan dari gula.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Biasanya, bumbu atau rempah pengganti gula yang dianjurkan adalah kayu manis.

bubuk-kayu-manis-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com

Kayu manis memiliki rasa manis yang pekat, bisa ditambahkan dalam bentuk batangan kecil utuh maupun bubuk.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa berbagai jenis bumbu alami lain yang juga bisa memberikan rasa manis dan bisa dijadikan sebagai pengganti gula?

Jenis bumbu yang bisa menjadi pengganti gula

Penasaran apa saja bumbu alami yang bisa memberikan rasa manis pada makanan? Berikut jenis bumbu, selain kayu manis, yang bisa kita pilih untuk mengganti gula:

1. Vanili

bubuk-cengkeh-doktersehatVanili yang terbuat dari ekstrak tanaman vanila, merupakan pilihan pengganti gula yang super sehat.

Hal ini disebabkan, selain memiliki rasa manis yang khas, vanili juga memiliki kandungan antioskidan jenis polifenol yang baik untuk tubuh.

Hal ini tentu membuat penggunaan vanili sebagai pengganti gula bisa memberikan manfaat berupa penangkalan radikal bebas dalam sel tubuh.

Penggunaan vanili juga terbukti mampu menurunkan kolesterol darah, asam urat dan kondisi peradangan dalam tubuh lainnya.

Anda bisa menggunakan vanili bubuk sebagai pengganti gula, tentu cita rasa masakan maupun minuman akan lebih nikmat, bukan?

2. Kapulaga

doktersehat-herbal-rempah-cabeBingung mencari pemanis alami untuk masakan berkuah? Pilih saja kapulaga. Bumbu yang sudah cukup sering ditambahkan pada masakan berkuah, seperti gulai ini memang memiliki rasa manis yang cukup khas.

Kapulaga juga kerap dipilih sebagai tambahan pemanis pada aneka kue dan roti. Sama seperti vanili, kapulaga memiliki kandungan antikosidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh dalam mencegah dan melawan radikal bebas.

Hal ini tentu membuat kapulaga tidak hanya memberikan rasa manis namun juga super bermanfaat untuk tubuh, bukan?

3. Cengkeh

Selain memiliki aroma yang khas, menambahkan cengkeh atau bubuk cengkeh, pada masakan atau minuman juga bisa memberikan rasa manis, lho.

Meskipun rasa manis yang diberikan tidak terlalu kuat, namun cengkeh bisa menjadi pengganti gula yang cukup baik karena memiliki berbagai kandungan antioksidan, jenis eugenol, yang baik untuk tubuh.

4. Pala

doktersehat-manfaat-pala-untuk-kulit

Photo Credit: Flickr.com/Giselleai

Biasanya penambahan pala pada masakan atau minuman, akan memberikan rasa pedas pedas, ya. Akan tetapi, siapa sangka pemberian pala juga bisa menambahkan cita rasa manis pula pada masakan.

Hal ini membuat pala dapat menjadi pengganti bumbu penyedap masakan yang tepat karena terdiri dari cita rasa pedas dan manis.

Pala memiliki manfaat untuk kesehatan berupa mengurangi peradangan karena memiliki kandungan mirip mentol yang bisa memberikan manfaat berupa pengurangan rasa sakit pada tubuh.

Nah, itua dia 4 jenis bumbu alami pengganti gula selain kayu manis.

Kini, Anda bisa mempunyai banyak pilihan penganti gula yang alami dan lebih menyehatkan, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi