DokterSehat.Com– Minuman manis bisa dengan mudah kita temui di mana saja, baik itu yang dijual di pinggir jalan ataupun yang ada di kafe. Minuman ini memang bisa memberikan sensasi kenikmatan setelah dikonsumsi. Namun, bukannya membuat kita merasa segar, minuman manis seperti teh susu, soda, dan minuman yang kaya gula lainnya ini justru akan membuat kita semakin haus. Apa penyebabnya?



Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian yang dilakukan di Texas, Amerika Serikat dilakukan dengan menggunakan tikus percobaan untuk mengetahui mengapa minuman manis dan minuman beralkohol justru membuat kita semakin haus. Penelitian yang serupa namun dilakukan pada manusia dilakukan di Eropa dan kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Cell Metabolism pada 12 April 2018 lalu.

Hasilnya adalah, para peneliti dari University of Texas (UT Southwestern) menemukan fakta bahwa mengonsumsi minuman-minuman tersebut bisa membuat hormon FGF21 dari hati bisa mengalir hingga ke otak. Hal ini akan memicu keinginan untuk minum air dengan lebih banyak.

Dr. Steven Kliewer dari UT Southwestern Medical Center menyebutkan bahwa konsumsi alkohol dan gula pada minuman manis bisa membuat produksi FGF21 dalam liver semakin meningkat. Hormon ini kemudian memasuki aliran darah dan mencapai bagian hypothalamus yang bisa menstimulasi rasa haus. Sebenarnya, tujuan dari stimulasi rasa haus ini adalah untuk mencegah dehidrasi.

Peneltiian yang dilakukan dengan melibatkan 21 orang di Medical University yang ada di Graz, Austria menghasilkan fakta yang serupa tentang munculnya rasa haus ini. Para partisipan secara acak diminta untuk mengonsumsi jus atau campuran dari alkohol dan jus.

Setelah beberapa jam, para partisipan diminta untuk mengecek kadar FGF21 dalam darahnya. Hasilnya adalah, jumlah hormon FGF21 dalam tubuh para partisipan meningkat dengan signifikan.

Dr David Magnelsdorf, rekan satu universitas dengan Dr. Kliewer berkata bahwa keberadaan hormon ini sepertinya justru bisa menjadi obat yang bisa menurunkan ketergantungan dengan alkohol.

Meskipun begitu, mengingat konsumsi minuman manis dan minuman beralkohol berlebihan bisa memicu datangnya penyakit, ada baiknya memang kita tidak lagi meminumnya ya?