Bukannya Menyehatkan, Cara Makan Buah Seperti Ini Justru Bisa Memicu Diabetes

doktersehat-buah
Photo Credit: James Ian L.A.

DokterSehat.Com– Diabetes menjadi salah satu penyakit paling banyak menyerang manusia di muka bumi. Bahkan, penelitian terbaru memperkirakan bahwa pada tahun 2030 mendatang jumlah penderita diabetes bisa mencapai 360 juta jiwa. Penyebab dari tingginya angka penderita diabetes ini adalah kecenderungan manusia yang tidak menerapkan gaya hidup sehat, khususnya dalam hal menjaga pola makan dengan kadar gizi seimbang.

Salah satu hal yang bisa membuat kita lebih mudah terkena diabetes adalah kesalahan dalam mengolah makanan. Sebagai contoh, kita kerap mengkonsumsi buah dengan cara seperti berikut ini sehingga bukannya menyehatkan, kita justru bisa mengalami masalah kesehatan seperti diabetes.

Makan buah kaleng
Meskipun terbuat dari buah-buahan, buah kaleng sudah mendapatkan tambahan gula dalam jumlah yang sangat tinggi. Jika kita kerap mengkonsumsinya dalam jangka panjang, resiko diabetes tentu akan meningkat dengan signifikan. Tak hanya gula, buah kaleng juga kaya akan kandungan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Membeli jus buah di pinggir jalan
Meskipun terlihat menyehatkan, dalam realitanya jus buah di pinggir jalan memiliki tambahan gula atau bahkan susu kental manis yang tentu akan membuat kita lebih rentan terkena diabetes jika kerap mengkonsumsinya. Jika ingin mengkonsumsi jus buah, buatlah sendiri dan jangan beri tambahan gula lagi.

Salad buah
Sebagian orang sengaja mengkonsumsi salad buah sebagai camilan yang menyehatkan. Sayangnya, salad buah ini justru ditambahi mayones yang membuatnya kaya akan kandungan lemak. Padahal, jika kita mengkonsumsi lemak dengan berlebihan, maka tubuh akan mengubahnya menjadi gula sederhana yang akhirnya berakhir dengan diabetes.

Hati-hatilah dalam mengkonsumsi buah. Agar mendapatkan manfaat terbaiknya, konsumsilah buah secara langsung saja yang tidak kalah enaknya kok dari buah-buahan yang sudah diolah.