Bukan Vitamin C, Ini yang Mampu Mencegah dan Sembuhkan Flu

doktersehat-madu-untuk-anak-batuk

DokterSehat.Com– Saat flu biasanya vitamin apa yang paling sering Anda konsumsi? Banyak dari kita yang menganggap tubuh memerlukan vitamin C saat kondisi sedang tidak fit seperti saat sedang flu atau demam atau sariawan.

Vitamin C memang terkenal sebagai zat gizi yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Hal tersebut menjadikan suatu kepercayaan bahwa saat sakit kita harus mengonsumsi vitamin C. Namun ternyata untuk flu, ada zat gizi lain yang efektif mencegah dan menyembuhkan flu.

Suatu studi dilakukan Canadian Medical Association untuk mengetahui zat gizi atau bahan makanan apa yang bisa secara efektif mencegah dan menyembuhkan terjadinya demam & flu. Studi meta analasis menunjukkan bahwa ada dua zat gizi yang mampu mencegah terjadinya flu yaitu zink dan probiotik.

Dibandingkan dengan vitamin C, kedua zat gizi tersebut mampu mencegah terjadinya flu lebih baik. Zink dan probiotik dapat kita peroleh dari makanan berprotein hewani seperti daging dan ikan serta yoghurt yang terfortifikasi probiotik. Dengan mengonsumsi keduanya kita akan memperoleh asupan zink dan probiotik untuk mencegah flu.

Lalu bila kita sudah terserang flu, apa yang efektif untuk menyembuhkannya? Ada dua zat gizi yang mampu menyembuhkannya yaitu kandungan gizi madu dan zink. Menurut Michael Allan,salah satu tim dalam studi tersebut, dibandingkan dengan vitamin C asupan madu atau zink mampu memberikan efek yang nyata dalam penyembuhan flu.

Dosis madu yang memberikan manfaat pada studi tersebut adalah 2.5 – 10 mg , sedangkan zink diberikan dalam bentuk suplemen zinc-gluconate 23-mg.

Jumlah kandungan gizi dalam madu memang termasuk sedikit, menurut United States Department of Agriculture madu memiliki kandungan vitamin C sebesar 0,5 mg dan kandungan zink sebesar 0,22 mg. Angka tersebut dapat diperoleh dari 10 sendok makan madu.

Namun, jika kita lihat dari dosis madu yang dapat memberikan manfaat, maka konsumsi 1-2 sendok makan madu (8-14 gram) dapat membantu proses penyembuhan saat kita mengalami flu.

Jadi sekarang Anda sudah memiliki alternatif untuk mencegah dan mengobati flu selain vitamin C ya.