Terbit: 15 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah sering mendengar, bahwa waktu tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sebanyak 7-8 jam dalam sehari.

Bukan Kopi, Ini 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi setelah Begadang

Pada angka tersebut, tubuh mendapatkan waktu istirihat yang cukup sehingga fungsi sistem dan metabolisme dalam tubuh bisa dijalankan dengan optimal.

Sayangnya, waktu tidur selama 7-8 jam, nyatanya sulit untuk dipenuhi. Dengan padatnya aktivitas, maka bukan tidak mungkin pada beberapa waktu kita menjadi kurang tidur.

Biasanya, jika kurang tidur, makanan atau minuman yang dikonsumsi adalah yang mengandung kafein, dengan tujuan menghilangkan rasa kantuk dalam tubuh.

Padahal, konsumsi kopi saat tubuh sedang kurang tidur, justru bisa mengganggu kesehatan tubuh, karena tubuh dipaksa melakukan metabolisme yang cukup berat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Lantas, jika bukan kopi, apa makanan atau minuman yang perlu dikonsumsi jika kurang tidur?

Berikut 5 jenis makanan yang dianjurkann dikonsumsi jika tubuh kurang tidur:

1. Buah mangga dan blueberry

manfaat-blueberry-doktersehat

photo credit : pexels.com

Dilansir dari Dailymail, buah yang padat akan kandungan vitamin dan antioksidan, seperti buah manga dan blueberry, merupakan jenis buah yang mengandung zat gizi penting bagi tubuh saat sedang kurang tidur.

Kandungan vitamin A, C, serat, gula dan cairan alami pada buah manga bisa diserap dengan maksimal dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, sedangkan kandungan antioksidan yang tinggi pada buah blueberry bisa memberikan daya tahan yang baik untuk tubuh.

Keduanya penting, mengingat tubuh yang kuran tidur membutuhkan asupan vitamin dan zat gizi lebih tinggi dari biasanya.

2. Kacang-kacangan

masker-wajah-doktersehatKacang-kacangan tidak hanya sebagai sumber protein nabati dan serat dalam tubuh, yang bisa memberi rasa kenyang dan baik untuk regenerasi sel tubuh, namun juga memberikan antioksidan anti stress.

Hal ini penting sehingga tubuh bisa tetap fit saat kurang tidur.

Pilih jenis kacang yang padat gizi, termasuk lemak, hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan gizi yang tetap seimbang. Pilih jenis kacang mete atau kacang kedelai.

3. Makanan dari whole grain

Roti-doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Alan Levine

Asupan makan saat tubuh sedang kurang tidur, sebaiknya dipilih dari jenis yang padat gizi.

Makanan dari whole grain, misalnya roti dari tepung gandum utuh, biskuit gandum utuh, atau sereal gandum bisa jadi pilihan yang tepat ketika Anda sedang kurang tidur.

Selain lebih mengenyangkan, makanan dari whole grain memiliki kandungan gizi 70% lebih terjaga dari grain biasa.

4. Telur

doktersehat-telurPilih menu telur untuk sarapan saat Anda sedang kurang tidur! Telur merupakan menu makanan yang padat gizi dan bisa dengan cepat meregenerasi sel tubuh yang rusak setelah mengalami kurang tidur.

Selain itu, telur akan memberikan asupan tenaga yang baik untuk otot tubuh, sehingga kita tidak lemas di awal hari meskipun malam sebelumnya kurang tidur.

Selain bermanfaat, telur juga cukup praktis diolah, Anda jadi tidak perlu repot menyiapkan sarapan, bukan?

5. Ikan tinggi omega 3

doktersehat-salmon

photo credit : pexels.com

Ikan yang banyak mengandung lemak, misalnya ikan salmon, tuna, atau sarden, merupakan jenis lauk yang dianjurkan setelah Anda kurang tidur.

Hal ini disebabkan, kandungan lemak tidak jenuh pada ikan, yang biasanya juga memiliki kandungan omega 3, bisa memberikan asupan energi yang baik untuk tubuh, serta memberikan manfaat untuk menjaga mood dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi ikan ketika sedang kurang tidur, bisa memberikan manfaat yaitu otak dapat berkonsentrasi dengan cukup baik. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menjaga performa dan produktivitas kerja, meskipun kita sedang kurang tidur, ya.

Nah, itu dia 5 jenis makanan yang harus Anda konsumsi saat sedang kurang tidur. Jadi, setelah begadang, bukan kopi yang sebainya Anda pilih, melainkan makanan-makanan di atas, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi