DokterSehat.Com– Jika Anda menderita sinusitis, jangan terburu-buru menyalahkan orangtua atas penyakit yang Anda rasakan. Penyebab sinusitis sangat bervariasi pada masing-masing individu dan belum terbukti bahwa sinusitis adalah penyakit turunan.

doktersehat-hidung-muka-sindrom-kallmann

Sinusitis adalah peradangan pada sinus, yaitu rongga pada tulang-tulang wajah. Peradangan ini dapat dipicu oleh flu, infeksi bakteri, atau alergi. Sedangkan sinusitis kronis dapat disebabkan karena sinus sempit bawaan atau sinus yang terlalu kering.

Penyebab sinusitis tidak ada hubungannya dengan genetik dan lebih berkaitan dengan gaya hidup seseorang. Sebuah studi menyebutkan bahwa riwayat sinusitis keluarga dapat meningkatkan risiko sinusitis seseorang, namun hal ini belum tentu membuat Anda mengalami sinusitis.

Untuk mengetahui penyebab pasti sinusitis, perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter. Pada kasus infeksi, faktor penyebab sinusitis dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Pada beberapa kasus terkadang dilakukan penyedotan cairan sinus untuk pemeriksaan kuman dan menentukan jenis infeksi yang terjadi. Sedangkan dalam kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan yang dapat dilakukan adalah mengurangi gejalanya dan menghindari pemicunya.

Karena sinusitis bukan diakibatkan oleh keturunan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menimalisir risiko sinusitis, di antaranya:

1. Rajin cuci tangan
Tangan adalah tempat menempelnya kuman. Sebaiknya Anda sering cuci tangan dengan sabun untuk menjaga kebersihan dan menghindari penyebaran kuman atau virus ke orang lain. Rajin mencuci tangan terbukti dapat mengurangi sakit akibat pernapasan hingga 20%.

2. Perbanyak minum air putih
Banyak minum air putih dapat menjaga selaput lendir tetap terhidrasi agar dapat bekerja secara efisien untuk mengurangi risiko tertular infeksi virus.

3. Makan makanan bergizi
Makan makanan bergizi baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Makanan yang disarankan adalah makanan yang kaya antioksidan seperti kale, anggur dan apel.

4. Hindari alergen
Untuk mengetahui apa yang menyebabkan alergi, Anda mungkin perlu melakukan serangkaian tes alergi. Kenakan masker jika Anda berada di tempat yang memiliki kadar polusi udara tinggi seperti asap pabrik yang dapat menyebabkan peradangan sinus. Anda pun sebaiknya menghindari asap rokok dan cerutu.