Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua orang pasti mempunyai impian atau cita-cita yang ingin mereka capai kelak. Tak jarang pula dari mereka yang mengeksplorasi mimpi mereka dengan sebuah khayalan. Anda mungkin juga pernah membayangkan sesuatu yang indah, atau mungkin berkhayal sesuatu yang tidak masuk akal untuk dilakukan.

Bukan Kebiasaan Buruk, Berkhayal Ternyata Baik untuk Kesehatan

Photo Credit : pexels.com

Ketika sulit untuk tidur, banyak orang yang memilih untuk berkhayal terlebih dahulu kantuk lekas datang. Akan tetapi, banyak yang beranggapan bahwa berkhayal merupakan kebiasaan yang tidak baik karena sama dengan melamun atau memikirkan hal yang semu. Padahal, kebiasaan berkhayal justru memiliki dampak baik untuk kesehatan, seperti:

  • Memperbaiki Suasana Hati

Ketika Anda sedang merasa kacau atau sedang memiliki mood yang cukup jelek, berkhayal adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengembalikan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Sebab, dengan berkhayal Anda akan memikirkan sesuatu yang indah, misalkan seperti Anda mencapai impian terbesar Anda. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih bersemangat lagi dan suasana hati Anda kembali membaik.

  • Meningkatkan Produktivitas

Siapa bilang berkhayal merupakan kebiasaan yang sia-sia? Pasalnya, menurut sebuah penelitian menemukan hasil bahwa seseorang yang suka berkhayal ternyata memiliki tingkat produktivitas yang positif. Hal tersebut terjadi karena ketika sedang berkhayal, mereka akan menemukan sebuah solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Menjadi Lebih Kreatif

Ketika sedang berkhayal, tentu saja Anda akan memikirkan atau membayangkan sesuatu yang indah-indah saja, bukan? Bahkan, Anda akan membayangkan bisa melakukan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut sangatlah bagus, sebab Anda akan menjadi lebih kreatif, seperti yang telah diungkapkan oleh sebuah penelitian bahwa berkhayal bisa meningkatkan kreativitas, terutama saat Anda bekerja.

  • Menghilangkan Rasa Kesepian

Ketika Anda berada jauh dari orang-orang yang Anda sayangi, Anda akan merasa kesepian. Untuk menghilangkan rasa kesepian tersebut, Anda bisa berkhayal tentang orang-orang yang Anda sayangi. Hal ini akan membuat Anda memiliki kedekatan emosional yang berguna untuk membantu Anda dalam menangani kesepian tersebut.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi